ITS News

Kamis, 18 April 2024
02 Maret 2021, 13:03

Menjalin Kasih Sayang di Masa Penuh Jarak

Oleh : itssep | | Source : ITS Online

Ilustrasi Opini (Sumber: Google Image)

Kampus ITS, Opini – Bulan Februari baru saja beranjak. Meninggalkan bayangan kasih sayang yang enggan untuk bergerak. Namun, apa yang harus dilakukan untuk bisa menjalin kasih sayang di masa penuh jarak?

Memasuki masa ketika di rumah saja menjadi suatu keutamaan, kebersamaan dan interaksi dengan keluarga pun harus ditingkatkan. Sekalipun kemajuan teknologi memberikan godaan yang memabukkan, tak ada salahnya untuk menarik diri dan meluangkan waktu guna berbincang dengan orang tua tersayang.

Saat semua kegiatan bertatap muka ditiadakan karena ketatnya aturan menjaga jarak, saat itulah aplikasi video conference menjadi teknologi mutakhir yang merekatkan suatu hubungan. Sebab, perjumpaan dan percakapan di depan kamera akan jauh lebih berharga dibandingkan pertemuan yang menimbulkan bahaya.

Ketika wabah mendunia ini mengirimkan gelombang pemutusan kerja, ketika itulah nilai kesejahteraan telah digantikan pengangguran. Oleh sebab itu, upaya saling bantu di lingkungan sekitar berupa pemberian sembako, uang tunai, maupun sebatas ucapan semangat dan doa akan sangat meringankan beban mereka yang terdampak pandemi.

Jika mau menyempatkan waktu menyusuri jalanan kota, siap-siaplah ternganga melihat kerja keras manusia lanjut usia yang setia menjajakan dagangannya. Berharap bisa pulang dengan membawa sedikit penghasilan. Bagi kita yang masih berkecukupan, cobalah berbagi dengan membeli dagangannya. Sehingga, kita akan semakin sadar bahwa rasa syukur begitu nikmat saat dirasakan.

Bagai jatuh tertimpa tangga, pandemi yang tak kunjung usai di Indonesia diperparah dengan bencana alam yang melanda. Mari arahkan kasih sayang kita dengan menggalang dana atau berdonasi untuk para korban bencana. 

Melalui contoh di atas, mari lakukan hal kecil untuk terus menjalin kasih sayang dengan orang lain. Sambil tetap menjaga jarak, tentunya kasih sayang, harapan, dan semangat harus kita berikan bagi lingkungan sekitar.

 

 Ditulis oleh:

Septian Chandra Susanto

Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota

Angkatan 2018

Reporter ITS Online

Berita Terkait