ITS News

Rabu, 24 April 2024
03 Desember 2020, 07:12

Mengulik Peran Duta Kampus ITS

Oleh : | | Source : ITS Online

(Kiri ke kanan) Anggra Ayu Rucitra ST MMT, Kharisma Khodija Kusnadi, Satria Mahardhika, dan Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng

Kampus ITS, ITS News Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk pertama kalinya memiliki duta kampus, sosok yang diharapkan mampu mencerminkan karakter mahasiswa ITS. Dari sepuluh finalis, akhirnya terpilih dua mahasiswa yang akan mengemban amanah sebagai Duta Kampus ITS. Lalu, bagaimanakah peran Duta Kampus ITS dalam berkontribusi untuk almamater nantinya?

Kepala Unit Komunikasi Publik (UKP) ITS, Anggra Ayu Rucitra ST MMT, menyampaikan bahwa kehadiran Duta Kampus ITS akan membawa perubahan yang besar. Pasalnya, duta kampus ini akan menjadi representasi karakter dari ITS yakni Cerdas, Amanah, Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi.

Selama satu tahun masa periode kedepan, perempuan yang akrab disapa Anggra ini menjelaskan bahwa duta kampus akan bertugas untuk berpartisipasi di semua program-program ITS baik akademik maupun non akademik. Contohnya pada perhelatan akbar ITS, seperti momen Dies Natalis ITS dan acara wisuda. “Ketika ITS memiliki kegiatan di luar, maka duta kampus akan bertugas untuk memperkenalkan ITS kepada masyarakat umum,” tuturnya.

Lebih lanjut, dosen Departemen Desain Interior ITS itu menyampaikan bahwa duta kampus juga turut berperan aktif dalam lingkup mahasiswa ITS sendiri guna menyosialisasikan berbagai program untuk mahasiswa. Karakter ideal mahasiswa ITS yang tercermin dari para duta kampus ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa lainnya. “Duta kampus juga akan menjadi sarana kampanye ITS seperti anti narkoba, anti bullying, intoleransi, dan kekerasan seksual,”paparnya.

Dalam menjalankan tugasnya, duta kampus akan dibekali dengan berbagai pelatihan seputar public speaking, materi internal ITS, materi seputar inovasi ITS, hingga personal development. “Sehingga, penting bagi duta kampus untuk memiliki karakter senantiasa belajar, menerima masukan, menerima informasi, dan mudah beradaptasi di berbagai keadaan,” tambah perempuan lulusan S2 Manajemen Teknologi ITS itu.

Menilik tugasnya yang vital, pemilihan Duta Kampus ITS pun menjadi hal yang krusial. Tak tanggung-tanggung, pihak yang memberi penilaian dalam pemilihan Duta Kampus ITS ini antara lain ialah Direktorat Kemitraan Global (DKG) ITS, Direktorat Akademik (Dirakad) ITS, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS, dan UKP ITS.

Penilaian duta kampus ini dilihat dari kesesuaian dalam kriteria yang mencerminkan ITS. Diantaranya yakni merupakan mahasiswa aktif ITS, berprestasi akademik maupun non akademik, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik, memiliki kemampuan komunikasi, mampu berpresentasi, dan dapat merepresentasikan karakter mahasiswa ITS secara umum.

Melalui rentetan penilaian tersebut, akhirnya terpilih dua pemenang dari sepuluh finalis yang menjadi Duta Kampus ITS. Ialah Satria Mahardhika, mahasiswa Departemen Desain Interior ITS dan Kharisma Khodija Kusnadi, mahasiswa Departemen Sistem Informasi ITS. Keduanya telah resmi menjadi Duta Kampus ITS bertepatan dengan Dies Natalis ITS ke-60 pada November lalu.

Mengingat terbentuknya Duta Kampus ITS didasari oleh kebutuhan dari  institusi, Anggra optimis bahwa kedua mahasiswa terpilih ini dapat membawa dampak besar bagi ITS. Hal ini terlihat dari banyaknya kegiatan visitasi maupun eksibisi saat sebelum pandemi terjadi. “Salah satu contohnya yakni kunjungan dari adik-adik Sekolah Menengah Atas (SMA) ke ITS,” ujar member Asia Pacific Space Designer itu.

Bagi Anggra, mahasiswa yang terpilih menjadi Duta Kampus ITS akan mendapat banyak pengalaman berharga karena mendapat kesempatan yang luas untuk bertemu dengan tokoh-tokoh ternama. Pengalaman terlibat di banyak kegiatan juga akan melatih kemampuan komunikasi dan berbagai softskill. “Untuk mahasiswa yang ingin menjadi Duta Kampus ITS di tahun mendatang, hendaknya segera mempersiapkan diri sebaik mungkin sejak saat ini,” tandasnya memberi semangat. (ai/vi)

Potret finalis Duta Kampus ITS 2020.

Berita Terkait