ITS News

Sabtu, 05 Desember 2020
01 November 2020, 10:11

IKA ITS Dorong Kemajuan Start-Up Lewat ICBS

Oleh : itssof | | Source : ITS Online

Poster Inovation Challenge & Business Summit 2020 yang diadakan IKA ITS dalam memeriahkan Lustrum ITS ke enam.

Kampus ITS, ITS News – Pandemi Covid-19 yang menimpa dunia saat ini telah memukul banyak pelaku usaha dan bisnis, khususnya perusahaan rintisan (start-up). Namun hal ini masih bisa diatasi dengan adanya stimulus dan inovasi bisnis yang tepat. Dalam mendukung upaya tersebut, Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) mengadakan Innovation Challenge & Business Summit (ICBS) guna mendorong kemajuan start-up di seluruh Indonesia.

Ir Made Suryadana MM, Ketua umum panitia ICBS, menyampaikan bahwa terdapat dua kegiatan utama dalam ICBS kali ini, yaitu Innovation Challenge dan Business Summit. Innovation Challenge merupakan kompetisi inovasi bisnis yang diperuntukkan bagi start-up maupun yang masih punya ide bisnis saja.

Terdapat tiga kategori pada kompetisi ini, di antaranya kompetisi ide dan konsep bisnis, prototipe bisnis, dan usaha bisnis yang sudah berjalan. Seluruh kalangan, baik dari mahasiswa maupun masyarakat dapat mengikuti kompetisi tersebut dengan mendaftar pada halaman bit.ly/icbsikaits2020 sampai 31 Oktober lalu.

Dengan begitu, Made menyatakan bahwa banyak sekali peluang bagi anak muda maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memulai ataupun memperbesar bisnisnya. “Apalagi total hadiah yang ditawarkan mencapai ratusan juta rupiah,” ungkap Wakil Sekretaris Jenderal IKA ITS Pusat tersebut.

Seluruh pemenang dari masing-masing kategori juga akan diikutsertakan pada kegiatan kedua yaitu Business Summit. Acara tersebut akan mempertemukan pemilik start-up dengan para investor dan diharapkan dapat menjalin kerja sama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Akun instagram ICBS 2020 yang memuat segala informasi tentang kompetisi yang diadakan.

Selain itu, beberapa start-up yang telah dirintis oleh Center of Champion (COC) juga diikutsertakan pada kegiatan tersebut. COC sendiri merupakan salah satu divisi pada IKA ITS Pusat yang berfokus pada pengembangan start-up inovatif.

Kegiatan yang akan berlangsung pada 15 November ini juga mengundang beberapa pengusaha dan pejabat yang akan menjadi pembicara utama Business Talkshow. Seluruh alumni ITS akan turut memeriahkan pada acara yang dikemas dalam konsep golf gathering tersebut.

Alumnus Departemen Teknik Elektro ITS itu juga berharap bahwa rangkaian acara ini dapat menjadi wadah bagi start up-atau bisnis yang masih dirancang agar mengembangkan kreativitas serta ruang lingkup pasar mereka. “Semoga rangkaian kegiatan ini tidak hanya berhenti begitu saja, tetapi bisa memberikan stimulus yang baik bagi pelaku usaha di tengah pandemi,” ungkapnya.

Seluruh kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai partisipasi IKA ITS dalam memeriahkan lustrum ITS yang ke enam di tahun ini. Selain itu, sebagai bentuk kontribusi nyata IKA ITS untuk memberikan stimulus bagi pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda masyarakat dunia saat ini. (sof/id)

Berita Terkait