ITS News

Jumat, 19 April 2024
27 Oktober 2020, 23:10

Mengulik Inspirasi dari Wisudawan Bidikmisi Terbaik ITS ke-122

Oleh : itszar | | Source : ITS Online

Zahrah Ayu Afifah Febriani, mahasiswa Bidikmisi terbaik berpredikat Cum Laude dengan IPK 3,85

Kampus ITS, ITS News – Keterbatasan bukan jadi penghalang bagi Zahrah Ayu Afifah Febriani untuk berprestasi. Segudang pencapaiannya berhasil membawa lulusan Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini dinobatkan sebagai wisudawan Bidikmisi terbaik di Wisuda ITS ke-122.

Berbagi kilas balik perjalanannya, perempuan yang akrab disapa Zahrah ini mengaku bahwa kecintaannya pada dunia pemrograman bermula dari kesenangannya menurunkan rumus matematika di bangku sekolah. “Sebab, konsep berpikir dalam penurunan rumus ternyata diterapkan dalam dunia pemrograman,” tutur peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,85 itu.

Mahasiswa asal Cilegon ini kemudian membulatkan tekad untuk berkuliah di Teknik Informatika ITS. Demi mendukung cita-cita tersebut, Ia bercerita bahwa sang ayah rela menjual ayam peliharaannya untuk ongkos sang putri sulung mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Surabaya. “Alhamdulillah saya berhasil lolos di pilihan pertama kala itu,” ungkapnya bersyukur.

Meski telah resmi menjadi mahasiswa ITS di tahun 2016, Zahrah mengaku bahwa Ia harus berkawan dengan keterbatasan fasilitas dan dana. Namun, Ia selalu teguh pada prinsipnya untuk tidak memikirkan kesulitan yang ada. “Lebih baik beradaptasi dengan keadaan daripada terus menuntut,” ujar perempuan berhijab ini.

Zahrah Ayu Afifah Febriani (kerudung abu-abu) bersama Tim SSC saat menerima penghargaan juara pertama pada Pimnas in Campus (PIC) 2019 di ITS.

Berbekal tekad tersebut, pada 2019, Zahrah berhasil menyabet juara pertama pada ajang PIMNAS In Campus ITS (PIC). Pada ajang tersebut, Ia memperkenalkan salah satu inovasinya yang bernama Smart Shrimp Counter (SSC). “SSC adalah kapal tanpa awak yang dirancang untuk membantu petambak udang dalam menghitung banyaknya udang dan memantau kondisi tambak,” paparnya.

Selain itu, Zahrah juga mengaku sempat mengikuti Laboratorium Internship di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) serta magang di Schneider Electric Manufacturing Batam pada 2018 dan 2019 silam. Ia juga aktif menerima jasa pembuatan website dan aplikasi. “Saya juga sempat mengikuti Gojek Upscale 3.0, sejenis mini-boot camp yang diadakan oleh Gojek,” bebernya.

Zahrah Ayu Afifah Febriani (ketiga dari kanan) bersama teman-temannya saat program Laboratorium Internship di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST).

Tidak hanya itu, Zahrah juga aktif berorganisasi. Pada tahun 2017, Ia mengaku pernah menjadi bagian dari Staf Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika (HMTC) ITS. “Kemudian di tahun 2018, saya dipercaya menjadi Ketua Kemuslimahan Keluarga Muslim Informatika (KMI) ITS,” ungkap perempuan yang bercita-cita mendirikan sekolah pemrograman untuk anak-anak ini.

Berfokus pada bidang analisis data dan pengembangan perangkat lunak, Ia mengaku sangat bersyukur dapat diwisuda sekaligus mendapat predikat wisudawan bidikmisi terbaik pada Wisuda ITS ke-122. “Saya juga mengucapkan terima kasih juga kepada para dosen dan teman- teman yang telah banyak membantu perkuliahan saya selama di ITS,” ungkap perempuan yang resmi menyandang gelar sarjana, Sabtu (24/10) lalu. 

Terakhir, lulusan yang mengangkat topik tugas akhir Domino’s Effect Menggunakan Algoritma Greedy dan Struktur Data Tree ini berpesan agar mahasiswa Bidikmisi ITS tidak berhenti berusaha serta berdoa. Sebab, Ia yakin setiap mahasiswa punya kesempatan yang sama. “Semoga mahasiswa Bidikmisi ITS semakin berprestasi dan tidak ragu untuk menggapai cita-cita,” harap Zahrah menutup wawancara. (zar/fat)

Potret Zahrah Ayu Afifah Febriani dari Departemen Teknik Informatika sekaligus wisudawan bidikmisi terbaik 122 ITS

Berita Terkait