ITS News

Rabu, 10 Agustus 2022
15 Oktober 2020, 22:10

KKNT ITS Edukasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan

Oleh : itssof | | Source : ITS Online

Salah satu mahasiswa KKNT ITS 21 ketika memberikan penjelasan mengenai cara mencuci tangan dengan sabun melalui plartform zoom

Cirebon, ITS News – Era kenormalan baru mewajibkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Mendukung hal itu, Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 21 berkomitmen mengedukasi siswa SDN Guntur, Kota Cirebon tentang pelaksanaan protokol kesehatan melalui seminar daring.

Anggota Tim KKNT ITS 21, Safira Azzahra Yuwono, menjelaskan bahwa seminar bertema Edukasi Covid-19 dan Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun ini menyasar 57 siswa dari kelas enam. Menurutya, mereka memiliki potensi untuk menjadi penggerak penerapan protokol kesehatan di lingkungan keluarga.

Meski begitu, lanjut mahasiswa Departemen Biologi tersebut, masih banyak ditemukan anak-anak yang belum paham cara mencuci tangan dengan benar. Padahal, jika dilakukan dengan benar, mencuci tangan dapat membunuh virus dan bakteri. “Kami pun berusaha menuntun langkah mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun,” tambahnya.

Pemutaran video langkah-langkah mencuci tangan yang benar oleh Tim KKNT ITS 21

Tak hanya cuci tangan, tim ini juga memberi pemahaman mengenai protokol kesehatan lain yang harus dijalankan. Seperti cara memakai masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, hingga tidak bepergian kecuali urusan yang penting. “Hal itu perlu ditekankan, mengingat Kota Cirebon sendiri masih berstatus zona merah,” ungkap mahasiswi tersebut.

Safira Azzahra Yuwono (kiri), ketika menyerahkan bantuan masker kepada Herlina Pusparani SPd, guru SDN Guntur, Kota Cirebon.

Guru SDN Guntur, Herlina Pusparani SPd, merasa berterima kasih atas diselenggarakannya kegiatan ini. Baginya, tim beranggotakan 12 mahasiswa ITS ini sangat membantu proses edukasi protokol kesehatan di lingkungan sekolah. “Anak-anak dan juga guru menjadi lebih paham mengenai protokol kesehatan yang harus dilaksanakan,” tutur wali kelas enam tersebut.

Penyerahan bantuan hand sanitizer dan faceshield ke Puskesmas Larangan Kota Cirebon

Selain seminar daring, Tim KKNT ITS 21 juga memberikan bantuan berupa 125 masker kepada pihak sekolah. Mereka juga memberikan 50 botol hand sanitizer dan 100 face shield ke Pusat Kesehatan Masyarakat Larangan, Kota Cirebon. “Ada juga poster kampanye protokol kesehatan yang kami sebarkan melalui akun media sosial,” tutup Safira. (sof/hen)

Berita Terkait