ITS News

Rabu, 24 April 2024
05 Oktober 2020, 13:10

Meramu Wisudawan Sukses di Tengah Pandemi Ala Creabiz

Oleh : itszar | | Source : ITS Online

Zamroni Madjid saat memberikan materi di acara Graduation Party F-Creabiz

Kampus ITS, ITS News – Momen wisuda sudah di depan mata, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKDB) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak lupa untuk mempersiapkan calon sarjananya. Lewat gelaran Graduation Party F-Creabiz, fakultas yang sering disebut dengan Fakultas Creabiz tersebut membekali wisudawannya supaya sukses pasca kampus di tengah pandemi saat ini, Kamis (24/9) lalu.

Tidak menentunya kondisi saat ini tidak perlu diambil pusing oleh para lulusan baru menurut pembicara dalam acara tersebut, Zamroni Madjid. Sebab alangkah beruntungnya para lulusan jika mampu mengenali dan mendalami enam bidang yang sedang berkembang di era new normal ini. Diantaranya ada bidang cold storage, gaming industries, virtual classrooms, enhanced delivery services, sweeping robots, dan bidang aplikasi atau mini aplikasi. “Pasalnya enam sektor itu sedang mempunyai pasar yang tinggi untuk saat ini,” paparnya.

Tidak hanya itu, lelaki asal Malang tersebut juga mengatakan bahwa di era new normal ini, terdapat empat hal yang perlu diperhatikan pula. Pertama ada go green yang fokus pada bidang kesehatan dan isu lingkungan. Lalu ada go digital yang mencakup bidang  internet of thing dan data analysis. Dan tak lupa kebutuhan dasar berupa logistik makanan dan minuman, di samping peningkatan skill dan agility yang tak kalah penting untuk menghadapi kondisi yang menuntut untuk cepat beradaptasi, belajar, dan menemukan inisiatif.

Growth Sector di Era New Normal

“Jika ingin berhasil survive, ya tinggal bagaimana teman-teman menghadapi situasi COVID-19 dengan memberi fokus lebih terhadap keempat poin yang ada tadi,” jelas lulusan Magister Manajemen Universitas Indonesia ini.

Imbuhnya, lepasnya status mahasiswa dapat diibaratkan seperti sekumpulan sekoci yang dilepas dari kapal induknya. Para wisudawan dituntut untuk siap dan mampu bertahan dalam menghadapi gejolak ombak kehidupan pasca kampus yang telah menunggu di depan. Caranya bagaimana? Yakni dengan mencari keahlian diri masing-masing, dan senantiasa menempanya.

Peserta Graduation Party F-Creabiz, yang berlangsung melalui aplikasi Zoom

Terlebih di masa pandemi ini dimana banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya, yang kemudian menambah persaingan kursi kerja. Tak perlu risau apabila belum ada pinangan dari perusahaan idaman, karena waktu yang ada saat ini dapat dimanfaatkan untuk memperdalam kemampuan dan menebar jejaring yang pasti akan beguna nantinya.

“Carilah sesuatu yang mampu untuk dilakukan dan senang dikerjakan, sehingga apabila langkah-langkah itu berhasil maka kalian sudah mempunyai nilai jual yang berkualitas,” pungkas Zamroni. (zar/yok)

Berita Terkait