ITS News

Sabtu, 24 Oktober 2020
30 September 2020, 08:09

KKNT ITS Edukasi Siswa SD Seputar Covid-19

Oleh : itsdik | | Source : ITS Online

Penyerahan bingkisan dan donasi dari ITS oleh tim KKNT Kelompok 30 kepada SDN Kedungbanteng, Sidoarjo, Ahad (20/9).

Sidoarjo, ITS News – Eksistensi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak menghalangi Kelompok 30 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk beraksi. Selama satu bulan, mereka sukses memberi edukasi seputar Covid-19 melalui sosialisasi daring kepada 69 siswa di SDN Kedungbanteng, Sidoarjo.

Ketua Kelompok 30 KKNT, Dhea Kartika Cahyaningrum menyampaikan bahwa sosialisasi ini dibagi berdasarkan tingkat kelas. Yakni kelas empat, lima, dan enam SD. Di mana setiap jenjangnya dicerdaskan oleh personel yang berbeda. “Kami yang berjumlah 12 orang, dibagi menjadi tiga kelompok kecil yang beranggotakan empat mahasiswi,” sambung Dhea, sapaan akrabnya.

Bersama rekannya, ia membagikan materi kreatif terkait gejala serta cara mencegah Covid-19 dalam bentuk video interaktif dan PowerPoint. Konten yang mereka bahas juga meliputi aturan penggunaan masker, protokol kesehatan, serta pentingnya menjaga kebugaran selama pandemi berlangsung. Selain itu, mereka juga merancang website menarik yang dapat diakses melalui https://itskknt30.wordpress.com. “Ada pula akun Instagram yang juga berfungsi untuk menyebarluaskan informasi,” tambahnya.

Siswa SDN Kedungbanteng Sidoarjo mengampanyekan ajakan tetap di rumah saja.

Tidak hanya diberikan materi, Dhea mengungkapkan, siswa-siswi ini juga diajak berdiskusi secara kelompok perihal pandangan mereka terhadap Covid-19. Setelahnya, para siswa ini ditugaskan membuat poster dan foto kreatif dengan harapan dapat mengajak lingkungan mereka menghindari penyakit ini. “Mereka sangat antusias melantangkan jargon hindari Covid-19 dan slogan di rumah saja lewat penugasan,” ujar mahasiswi angkatan 2018 ini bersemangat. 

Menyikapi hal tersebut, Kepala Sekolah SDN Kedungbanteng, Rochmatul Ira menyampaikan bahwa pihak sekolah merasa sangat gembira dapat menyambut mahasiswa ITS dalam program KKNT ini. Terlebih, menurutnya, program pencerdasan ini sejalan dengan sinergi sekolah. “Saya harap ITS dapat terus menurunkan mahasiswanya untuk membimbing adik-adik mereka di sekolah dasar,” pesan Ira, sapaan akrabnya.

Helatan KKNT Kelompok 30 ini resmi berakhir pasca Dhea dan tim memberikan donasi untuk peserta program KKNT mereka, Ahad (20/9) lalu. Donasi dari ITS ini meliputi 70 paket alat pelindung diri (APD) seperti masker, face shield, hand sanitizer serta ragam peralatan sekolah macam buku, pensil, dan penghapus. “Kami juga memberikan vendel sebagai rasa terima kasih kami bagi pihak SD,” terangnya antusias.

Kelompok 30 KKNT ITS beranggotakan Melinda Andriani C, Rr Andriana Ajeng, Rafidah Mugi MP, Aida Fauziah, Indira Maharani HP, Theresia Anindya P, Fadhela Anindya R, Nabela Aristya F, Auliyah Safitri SP, Theresia Anindya P, Hafidza Qoulan S, dan Farida Afira B bersama ketua kelompok mereka, Dhea Kartika Cahyaningrum.

Tidak sendirian, Dhea menuntaskan KKNT ini bersama para rekannya dari tiga departemen berbeda. Selain dirinya, terdapat Melinda Andriani C, Rr Andriana Ajeng, Rafidah Mugi MP, Aida Fauziah, Indira Maharani HP, Theresia Anindya P, Fadhela Anindya R, dan Nabela Aristya F dari Departemen Aktuaria. Kemudian, ada Auliyah Safitri SP, Theresia Anindya P, dan Hafidza Qoulan S dari Departemen Matematika. Dan terakhir ialah Farida Afira B dari Departemen Sistem Informasi. 

Dhea berkata, mayoritas dari mereka belum pernah bertemu sebelum adanya program KKNT ini. Meskipun demikian, mereka dapat bahu-membahu bekerja sama selama satu bulan lebih untuk menyukseskan amanah mereka. “Kami sangat senang dapat mencerdaskan adik-adik kami sekaligus berkontribusi dalam program KKNT ITS,” pungkas pengurus Himpunan Mahasiswa Aktuaria ini. (dik/hen)

Berita Terkait