ITS News

Kamis, 01 Desember 2022
27 September 2020, 22:09

Mahasiswa ITS Gencarkan Edukasi Covid-19 bagi Masyarakat Nganjuk

Oleh : itsmeg | | Source : ITS Online

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Covid-19 ITS 03 saat mengunjungi Balai Kelurahan Tanjunganom.

Nganjuk, ITS News – Pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk menebar kebermanfaatan bagi sesama. Salah satunya datang dari 12 mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Covid-19 ITS 03 yang gencar memberikan edukasi terkait Covid-19 kepada masyarakat Kabupaten Nganjuk. 

Anggota KKNT Covid-19 ITS 03, Mega Wulansari mengatakan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan ditujukan bagi mahasiswa yang telah menempuh perkuliahan minimal empat semester. Pada kesempatan tersebut, ia dan sebelas rekannya turut andil dalam mengangkat tema khusus Kesehatan Masyarakat. “Karena berdomisili di Nganjuk, kami memilih Kelurahan Tanjunganom sebagai mitra penyebarluasan informasi Covid-19,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Mega sapaan akrabnya mengatakan bahwa mereka fokus menyosialisasikan tiga materi utama selama KKNT berlangsung. Pertama, pengenalan Covid-19 kepada masyarakat. Kedua, pencegahan Covid-19. Ketiga, penerapan protokol kesehatan dan pemilihan informasi yang valid tentang Covid-19. “Materi tersebut kami sampaikan secara daring melalui grup Whatsapp guna mematuhi himbauan menjaga jarak, serta mengurangi kemungkinan penyebarluasan Covid-19,” sambungnya.

Tak hanya memaparkan materi, dalam kegiatan yang diikuti 80 warga setempat itu, mereka juga mengadakan lomba mewarnai dan kolase dengan tema Covid-19 untuk siswa TK. Selain itu, turut digelar seminar dengan tema Peran Pemuda dalam Menyikapi COVID-19 di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, serta membuat beberapa poster dan video edukasi tentang Covid-19 dan menghadapi era new normal. “Semua dibuat dengan tujuan mengedukasi generasi muda secara daring,” jelasnya.

Pemberian hadiah kepada juara hasil lomba mewarnai dan kolase di RA Dharrus Solikin, Kelurahan Tanjunganom.

Di bawah bimbingan Abdul Munif SKom MsC, sejak pertengahan Agustus, mereka turut melakukan inventarisasi fasilitas kesehatan dan membuat output dalam bentuk peta persebaran fasilitas kesehatan yang ada di Kelurahan Tanjunganom. Pembuatan peta dimulai dengan melakukan survei lapangan untuk mendapatkan titik koordinat, kemudian diinput pada Peta Citra dari Bing dan Peta Kementerian Desa. “Terakhir, proses digitasi untuk layer jalan,” tambah mahasiswa Teknik Geomatika itu.

Peta yang telah jadi kemudian diserahkan pada pekan keempat, sekaligus memberikan donasi berupa 100 face shield, 150 masker, dan 45 botol hand sanitizer bagi Kelurahan Tanjunganom. Tak lupa, turut diberikan penghargaan kepada juara lomba mewarnai maupun lomba kolase. Mega pun turut menyampaikan rasa senangnya karena dapat terjun dalam mengedukasi masyarakat. “Terlebih, mereka yang sempat meragukan Covid-19 merasa berterima kasih atas materi yang kami sampaikan,” terangnya.

Penyerahan Peta Persebaran Fasilitas Kesehatan diwakili Bapak Riyant SH selaku Lurah Kelurahan Tanjunganom.

Sebagai informasi, sebelas anggota KKNT Covid-19 ITS 03 lainnya ialah Fitria Urbach dan Febrianti Silviana Saputri dari Departemen Matematika, Febriani Sekar Hadiastuti dan Ghani Alim Nurbawono dari Departemen Teknik Mesin. Kemudian, Dhimas Khamim Eka Putra dari Departemen Teknik Elektro, Novita Fijayarty dari Departemen Desain Interior, dan Irfan Satrio Mardani dari Departemen Teknik Fisika. Selanjutnya, Irma Dewantary dan Shaza Flanetta Putri dari Departemen Teknik Geomatika, Maya Kencana Wulandari Departemen Statistika, serta Achmad Luthfi Putra Yogi Departemen Teknik Kimia. (meg/hen)

Berita Terkait