ITS News

Sabtu, 20 April 2024
25 September 2020, 07:09

Kerjasama ITS-MAS Sumbiri Bahas Kegiatan Magang Mahasiswa

Oleh : itsri | | Source : ITS Online

Shamal Boyagoda (tengah) menjelaskan PT MAS Sumbiri kepada jajaran ITS dalam kick off meeting

Kampus ITS, ITS News – Guna memaksimalkan potensi pengembangan manusia dan teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) resmi menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan garmen internasional, PT MAS Sumbiri beberapa waktu lalu. Mengawali kerjasamanya, kedua belah pihak sepakat membahas kegiatan magang mahasiswa pada kick off meeting virtual, Rabu (23/09).

Kepala Bagian Direktorat Kerjasama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) ITS, Supriyono SE menjelaskan, kerjasama ini berfokus pada kegiatan magang mahasiswa dan rekrutmen lulusan ITS di PT MAS Sumbiri. “Sebab, kami melihat perusahaan tersebut sebagai perusahaan manufaktur garmen yang telah mapan dalam kancah internasional,” ujarnya.

Dilanjutkan oleh perwakilan Pengelolaan Magang Industri, Hertiari Idajati ST MsC, untuk prosedur magang didasarkan pada pedoman magang yang berlaku di ITS sejak tahun 2019. Pedoman ini dibuat agar mahasiswa dapat tetap berkuliah meskipun sedang menjalankan magang. “Rencananya juga bisa dilakukan konversi Satuan Kredit Semester atau SKS dari kegiatan magang ke mata kuliah yang sejalan,” tambahnya.

Diperinci lagi, beberapa aturan magang mahasiswa yang berlaku ialah masa magang paling lama enam bulan, didampingi oleh supervisor, mendapat izin melakukan kegiatan spesifik, tidak meninggalkan kampus, dan mendapatkan sertifikat kompetensi. “Selain itu, juga sudah ada kesepakatan yang diatur oleh pihak kampus dengan perusahaan,” lanjut dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota ini.

Di sisi lain, General Manager PT MAS Sumbiri, Shamal Boyagoda beranggapan, dengan kerja sama ini pihak perusahaan ingin membangun jiwa entrepreneur mahasiswa melalui kolaborasi akademik dan profesional. “Sekaligus memberikan informasi kebutuhan industri pada perguruan tinggi agar mampu membangun kurikulum berdasarkan kebutuhan saat ini,” jelas lelaki asal Sri Lanka itu.

Direktur DKPU ITS Tri Joko Wahyu Adi ST MT memberikan pesan dan pertanyaan dalam kick off meeting bersama PT MAS Sumbiri

Melalui kick off meeting ini, Direktur DKPU ITS, Tri Joko Wahyu Adi ST MT berharap,  kedua belah pihak dapat lebih mengenal satu sama lain. Sehingga nantinya, dapat diketahui apa saja yang perlu dibahas untuk pertemuan selanjutnya. “Harapan saya, kerjasama yang sudah terjalin dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya di akhir sesi. (ri/hen)

Berita Terkait