ITS News

Kamis, 25 April 2024
30 Juni 2020, 21:06

Dukung Pembangunan Daerah, ITS Tandatangani MoU dengan Pemkot Batu

Oleh : itsmis | | Source : https://www.its.ac.id/

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari ketika menyampaikan sambutannya terkait penandatanganan MoU bersama Pemkot Batu

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali meluaskan kerja sama dengan pemerintah daerah di Indonesia. Kali ini, ITS bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Batu secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerja sama rencana proyek pembangunan daerah yang berlangsung secara virtual, Selasa (30/6).

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari M Eng dalam sambutannya menyampaikan, MoU ini merupakan bentuk perpanjangan dari kerja sama antara ITS dan Pemkot Batu yang telah berjalan selama enam tahun. “Selain bentuk pembaharuan MoU yang telah habis di tahun 2019, ITS juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Batu yang sudah bekerja sama membangun daerah,” tuturnya.

Rektor yang kerap disapa Ashari ini menjelaskan, ke depannya ITS dan Kota Batu akan mengembangkan proyek pembangunan daerah yang meliputi masterplan pembangunan drainase air minum, persampahan, smart city dan proyek pembangunan lainnya. Ashari juga berharap ke depannya kerja sama ini tidak hanya antara dua institusi. “Dengan network yang kita miliki saat ini, kita bisa menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN), investor, perusahaan startup yang sangat berpotensi untuk mengembangkan pembangunan Kota Batu, khususnya sektor pariwisata,” ujarnya.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko MSi mengungkapkan bahwa salah satu proyek terbesar yang akan dikerjakan dengan ITS yakni pembuatan kereta gantung yang sedang mengalami penundaan karena pandemi Covid -19. “Semoga pandemi ini segera membaik, sehingga progres kami untuk proyek ini dapat segera dilanjutkan, tentunya bersama ITS yang akan terus men-support Kota Batu,” ungkapnya.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ketika menyampaikan sambutannya

Dewanti juga menjelaskan bahwa pendampingan akademisi sangat dibutuhkan, khususnya pada proyek-proyek pembangunan daerah. Ia juga mengapresiasi program pengabdian masyarakat dari ITS yang terlaksana di Kota Batu terkait rencana wisata herbal. “Itu merupakan sebuah cita-cita kami (Pemkot Batu, red), di mana tanaman herbal di Kota Batu sangat berpotensi besar untuk dikembangkan. Dalam program ini tanaman herbal dan sektor pariwisata mendapat dukungan yang bagus,” paparnya.

Di akhir sambutannya, Dewanti berharap, melalui pendampingan ITS dalam proyek pembangunan Kota Batu akan membantu Pemkot Batu untuk mencapai keberhasilan dalam pembangunan daerah. “Semoga dengan kerja sama ini dapat berdampak positif bagi ITS serta seluruh masyarakat Kota Batu,” pungkas Dewanti. (sin/HUMAS ITS)

Berita Terkait