ITS News

Jumat, 19 April 2024
26 Juni 2020, 21:06

Bersama Polres Tanjung Perak, ITS Kembangkan Aplikasi Pemantau Covid-19

Oleh : itsmis | | Source : www.its.ac.id
Bersama Polres Tanjung Perak, ITS Kembangkan Aplikasi Pemantau Covid-19

Suasana rapat pembahasan kerja sama upaya pemantauan Covid-19 antara ITS dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Kampus ITS, ITS News – Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Kota Surabaya menuntut adanya kolaborasi berbagai pihak untuk menangani kasus ini dengan lebih baik. Seperti yang dilakukan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang berencana menjalin kerja sama dalam mengembangkan aplikasi untuk pemantauan kasus Covid-19.

Pertemuan untuk membahas rencana kerja sama ini telah dilaksanakan di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat ITS, Kamis (25/6) lalu. Dipimpin langsung oleh Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ganis Setyaningrum.

Surya Sumpeno ST MSc selaku Person in Charge (PIC) dalam pertemuan ini menjelaskan bahwa sebagai institut teknologi terbaik di Indonesia Timur, ITS telah dipercaya oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk memberikan dukungan teknologi guna mewujudkan Profesional Modern Terpercaya (Promoter). “Karena kita adalah sebuah institut teknologi, maka ITS menyambut dengan baik tawaran ini,” ujarnya.

Melanjutkan pertemuan yang sebelumnya dilaksanakan di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada 5 Juni 2020 lalu, salah satu program yang diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat ialah pengembangan aplikasi pemantau pergerakan penderita Covid-19. Surya mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi ini di kampung-kampung tangguh akan memberikan manfaat yang besar.

Bersama Polres Tanjung Perak, ITS Kembangkan Aplikasi Pemantau Covid-19

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ganis Setyaningrum (kiri) bersama Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD (kanan) memimpin rapat pembahasan kerjasama upaya pemantauan Covid-19

Dengan adanya aplikasi ini, petugas-petugas lapangan dan warga masyarakat yang merupakan elemen penting dalam kampung tangguh akan merespons perkembangan penyebaran Covid-19 dengan cepat dan tepat. “Karena dengan aplikasi ini, hasil pantauan akan dapat di-update dengan cepat, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah tertentu untuk penangannya,” jelas dosen Teknik Elektro ITS ini.

Dalam.pertemuan tersebut, AKBP Ganis Setyaningrum menyampaikan, pihaknya sangat mendukung diadakannya kerja sama antara ITS dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini. “Selain untuk kelembagaan, kerja sama ini juga berfungsi sebagai saran untuk penguatan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam bidang teknologi informasi,” terangnya.

Sementara itu, Bambang Pramujati menambahkan, sebelumnya ITS dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sudah melakukan kerja sama untuk pengembangan pemanfaatan command center yang dilengkapi dengan CCTV. “Karena ini sesuai dengan motto Promoter mereka, dan juga Tanjung Perak merupakan tempat yang sangat vital karena merupakan tempat masuknya barang dan personel,” ungkapnya.

Dosen Teknik Mesin ITS ini juga mengungkapkan pentingnya kerja sama yang dilakukan oleh ITS dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak ini. Ia mendukung upaya pihak polres untuk menjadi lebih terpercaya, profesional, dan modern. “Kita (ITS, red) akan selalu terbuka untuk pengabdian masyarakat dan bersama-sama mencari solusi untuk masalah nyata di masyarakat. Dengan demikian, keberadaan ITS dapat dirasakan oleh masyarakat luas” tuturnya.

Bambang mengharapkan, dengan adanya kerja sama ini kasus Covid-19 dapat ditangani dengan lebih cepat dan tepat. Ia juga menyampaikan bahwa dengan kerja sama yang ada saat ini, dapat memanfaatkan teknologi digital demi berjalannya program-program di kampung tangguh. “Sehingga dengan kerja sama ini saya harap kita bisa menghijaukan kembali area-area di Surabaya yang masih termasuk ke dalam zona merah dan hitam,” pungkasnya. (ri/HUMAS ITS)

Bersama Polres Tanjung Perak, ITS Kembangkan Aplikasi Pemantau Covid-19

Foto bersama jajaran pimpinan ITS dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya usai pertemuan

Berita Terkait