ITS News

Sabtu, 20 April 2024
21 Juni 2020, 14:06

Penuh Makna, Civil Expo ITS 2020 Rilis Logo dan Tema Baru

Oleh : itsri | | Source : ITS Online

Logo Civil Expo ITS 2020. sumber: akun instagram @civilexpoits

Kampus ITS, ITS News – Acara tahunan Civil Expo yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), kembali hadir pada tahun ini dengan mengusung semangat baru. Pada Minggu (14/6) kemarin, akun Instagram Civil Expo ITS telah merilis logo dan tema utama dari acara terbesar yang diselenggarakan oleh salah satu departemen tertua di ITS ini.

Logo yang didesain oleh tim desain Civil Expo ITS 2020 ini menggambarkan sebuah kerangka kubus dengan gradasi warna dari oranye ke biru. Kerangka kubus yang digunakan merupakan logo yang telah digunakan dari tahun ke tahun. Kerangka kubus ini melambangkan elemen atau kerangka utama yang diperlukan agar bangunan dapat berdiri kokoh yaitu elemen kolom dan balok. “Logo ini sendiri mengacu kepada latar belakang dan identitas kita sebagai mahasiswa teknik sipil,” jelas Fransisco Pascalino selaku Ketua Civil Expo ITS 2020

Makna dari logo Civil Expo ITS 2020. Sumber: akun instagram @civilexpoits

Lebih lanjut, kerangka kubus yang digunakan sebagai logo ini terbentuk dari dua huruf yaitu huruf C dan I. Kedua huruf ini merupakan akronim dari Civil Expo ITS. Yang membedakan logo ini dari tahun sebelumnya ialah penggunaan gradasi warna pada logo tersebut. Mengutip dari akun instagramnya, warna oranye melambangkan kehangatan dan gairah. Sedangkan warna biru melambangkan ketenangan dan kebebasan.

Selain logo, akun Instagram Civil Expo juga merilis tema utama yaitu Refining Indonesia’s New Face. Mahasiswa yang akrab disapa Lino ini menjelaskan bahwa dengan tema ini, mereka berusaha mengangkat topik dan isu yang sedang hangat dibicarakan dalam dunia pembangunan dan infrastruktur di Indonesia yaitu pemindahan ibu kota dan pembangunan berkelanjutan. “Karena kita memilih fokus di bidang pembangunan, maka kita ambil tema tersebut untuk diterapkan di Civil Expo tahun ini,” ujarnya.

Tema utama yang digunakan pada Civil Expo ITS 2020. Sumber: akun instagram @civilexpoits

Nantinya, akan ada ada serangkaian acara dan kegiatan yang dilombakan. Untuk lombanya sendiri ada National Concrete Competition (NCC), Geotechnical Engineering Competition (GEC), Dynamic Load Bridge Competition (DLBC), dan Olympiad of Civil-Engineering (OCE). Pada tahun ini, Civil Expo juga akan menggelar konferensi mahasiswa dari seluruh lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus pada pembangunan ibu kota baru dengan konsep konstruksi berkelanjutan..

Semua kategori perlombaan tersebut dapat diikuti oleh mahasiswa se-Indonesia, kecuali kategori OCE yang hanya bisa diikuti oleh pelajar SMA atau sederajat. “Masing-masing kegiatan tersebut akan memiliki subtema tersendiri yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dengan tema utama,” terang mahasiswa Teknik Sipil ITS angkatan 2017 ini.

Dengan menggunakan tema ini, gelaran Civil Expo ITS 2020 diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peserta dan pihak yang terlibat untuk dapat memaksimalkan potensinya dalam bidang teknik sipil. Meskipun masih dalam masa pandemi dan semua kegiatan akan dilaksanakan secara daring, tentunya tak akan menyurutkan semangat yang ingin dibangun. “Diharapkan dengan semua potensi dan inovasi yang dicetuskan oleh peserta dapat menyempurnakan wajah baru Indonesia dimasa mendatang,” pungkas Lino. (ri/lut)

Berita Terkait