ITS News

Sabtu, 20 April 2024
03 Juni 2020, 17:06

Siapkan New Normal, ITS Kolaborasi dengan Tiga PTN dan Balitbang Perhubungan

Oleh : itsmis | | Source : -
Menteri-Perhubungan-Ir-Budi-Karya-Sumadi-ketika-menyampaikan-sambutannya-mengenai-persiapan-tatanan-kehidupan-normal-baru

Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi ketika menyampaikan sambutannya mengenai persiapan tatanan kehidupan normal baru

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) turut andil dalam kolaborasi merespon dampak pandemi Covid-19 dan strategi recovery pada tatanan kehidupan normal baru (new normal) di sektor transportasi. Kali ini, ITS bersama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan tiga perguruan tinggi negeri (PTN) lain menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) secara virtual terkait kerja sama penelitian bersama perguruan tinggi, Selasa (2/6) lalu.

Ketiga PTN yang digandeng tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).
Acara yang juga disiarkan secara live streaming dari ITS TV ini memaparkan secara langsung penandatangan MoU dari pihak terkait. Penandatanganan oleh Balitbang Perhubungan diwakili oleh Dedy Cahyadi SSiT MT selaku Kepala Pusat Litbang Transportasi Antarmoda dan Ir Cucu Mulyana DESS selaku Kepala Pusat Litbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian. Selanjutnya diikuti oleh Ir I Nyoman Sukay Adnya MM selaku Kepala Pusat Litbang Transportasi Laut, Sungai, dan Penyeberangan, serta Capt Novyanto Widadi SAp MM selaku Kepala Pusat Litbang Transportasi Udara.

Sementara, penandatanganan dari PTN diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD, Rektor UI Prof Ari Kuncoro SE MA PhD, Sekretaris Direktorat Penelitian UGM Dr Mirwan Ushada STP MApp Life Sc, dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB Prof Ir I Gede Wenten PhD.

Rektor-ITS-Prof-Mochamad-Ashari-turut-memberikan-sambutan

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari turut memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan (Menhub) Ir Budi Karya Sumadi menyampaikan, Presiden Joko Widodo telah mewacanakan agar nantinya masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. “Pemerintah terus memantau perkembangan berdasarkan data dan fakta di lapangan untuk menentukan kapan pemerintah bisa membawa Indonesia ke arah tatanan kehidupan normal baru,” ujar Menhub.

Dengan kolaborasi bersama perguruan tinggi, pemerintah berharap mendapat masukan terkait analisa dan kajian dalam merumuskan kebijakan strategis guna mempersiapkan kehidupan normal baru. “Sebab, kehidupan normal baru akan menghadirkan keuntungan yang baik bagi Indonesia,” ungkapnya.

Keempat-rektor-PTN-yakni-Rektor-ITS-ITB-UGM-dan-UI-ketika-menyampaikan-sambutannya-masing-masing

Keempat rektor PTN yakni Rektor ITS, ITB, UGM, dan UI ketika menyampaikan sambutannya masing-masing

Pertama, tatanan normal sosial baru akan menjaga Indonesia dari ancaman Covid-19. Kedua, tatanan baru mendukung keberlangsungan bangsa agar tidak terpuruk oleh masalah baru lainnya seperti ketahanan pangan, krisis ekonomi, serta demi keberlangsungan pendidikan untuk anak-anak dan bangsa.

Sementara, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya juga mengungkapkan, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini diperlukan sinergi antara ekonomi, kesehatan, dan teknologi untuk mendukung kehidupan normal baru yang diharapkan. “Mengenai hal tersebut, ITS memiliki catatan mengenai usulan kebijakan yakni integrasi teknologi dan kesehatan di sistem transportasi serta persiapan dalam mengembangkan transportasi autonomous,” terangnya.

Penandatangann-MoU-oleh-Kepala-Pusat-Litbang-Transportasi-Jalan-dan-Perkeretaapian-Ir-Cucu-Mulyana-DESS

Penandatangann MoU oleh Kepala Pusat Litbang Transportasi Jalan dan Perkeretaapian Ir Cucu Mulyana DESS

Keempat PTN menyatakan siap untuk berkomitmen dalam upaya membantu pemerintah mempersiapkan kehidupan normal baru ini. Peran Kementerian Perhubungan memang sangat penting, mengingat segala perputaran kegiatan ekonomi tidak lepas dari transportasi. “Karenanya kami bersedia bersama-sama mengupayakan penyelenggaraan transportasi yang mengutamakan nilai kemanusiaan untuk ekonomi yang lebih baik dalam mempersiapkan kehidupan normal baru,” papar Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono MEng D Eng.

Menhub dua periode ini juga menyatakan bahwa ia optimistis dengan adanya tatanan kehidupan baru ini. “Kemenhub melalui kerja sama dengan perguruan tinggi ini akan berkolaborasi untuk segera siapkan kebijakan terbaik dalam menyongsong kehidupan normal baru, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan juga pemerintah,” pungkasnya. (sin/HUMAS ITS)

Berita Terkait