ITS News

Sabtu, 19 September 2020
18 Mei 2020, 18:05

Alumni Teknik Sipil ITS Salurkan 3.500 Paket Sembako

Oleh : itsmis | | Source : https://www.its.ac.id

Penyerahan bantuan 1.000 paket sembako ALSITS yang diterima oleh BPBD Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Jumat (15/5) malam

Kampus ITS, ITS News – Menyadari pandemi Covid-19 yang mengakibatkan terjadinya krisis ekonomi di Indonesia saat ini, Alumni Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ALSITS) melakukan aksi sosial dengan menyalurkan bantuan sembako ke masyarakat terdampak. Aksi sosial yang diberi nama ALSITS Peduli Covid-19 tersebut berhasil membagikan sebanyak 3.500 sembako ke sejumlah wilayah.

Umboro Lasminto ST MSc, pengurus inti Organisasi Komisariat Jurusan Teknik Sipil ITS mengungkapkan, sebanyak 1.000 paket sembako dibagikan oleh alumni yang berada di wilayah Jakarta, 1.000 paket diserahkan kepada ITS melalui Wakil Rektor (WR) IV, dan 1.000 paket diberikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Sedangkan 500 sisanya disalurkan untuk masyarakat terdampak di sekitar kampus ITS.

Sebelumnya, Umboro mengatakan, para alumni Teknik Sipil yang tergabung dalam organisasi Komisariat Jurusan Teknik Sipil ITS telah melakukan penggalangan dana. “Hasil galang dana tersebut yang selanjutnya kami (ALSITS, red) gunakan untuk membeli kebutuhan pangan dan didistribusikan kepada warga,” terangnya.

Setiap satu paket sembako, imbuh dosen Departemen Teknik Sipil ITS tersebut, berisi kebutuhan pokok sehari-hari yang terdiri dari beras, minyak, susu, gula, dan beberapa kebutuhan pangan lainnya. Adapun kriteria warga yang mendapatkan bantuan ini adalah warga kurang mampu yang pendapatannya berkurang atau kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. “Termasuk bagi mereka yang berpenghasilan harian, sembako ini kami rasa sangat membantu beban mereka,” ujar Umboro saat dihubungi via telepon.

Proses penyiapan bantuan paket sembako di kantor ALSITS di Departemen Teknik Sipil ITS

Menurut keterangan Umboro, pendsitribusian sembako di wilayah ITS dan Jakarta sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Sedangkan pendistribusian kepada BPBD Pemprov Jawa Timur dilakukan pada Jumat malam (15/5) llau di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. “Sehingga saat ini, seluruh bantuan sudah sepenuhnya tersalurkan kepada warga,” tuturnya.

Menurut Umboro, bukan kali pertama ALSITS mengadakan aksi sosial seperti ini. Sebelumnya, ALSITS telah berkontribusi dalam bencana gempa yang melanda Palu 2018 lalu dengan membangun shelter. “Kami membantu sesuai bidang keahlian kami, namun kali ini kami ingin memberikan bantuan berupa bahan pangan, yaitu sembako,” papar Umboro.

Rencananya, ALSITS akan kembali mengadakan galang dana dan rutin memberikan bantuan kepada warga. Meskipun Umboro belum memastikan bentuk bantuan yang akan diberikan nantinya, namun ia berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat. “Kami belum memutuskan bantuan apa yang akan diberikan lagi nantinya, entah itu berupa sembako atau mungkin Alat Pelindung Diri (APD),” ujarnya.

Umboro berharap agar pandemi ini dapat segera berakhir. Dirinya pun berpesan agar warga saling bahu-membahu memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia agar keadaan menjadi pulih. “Semoga bantuan yang ALSITS berikan dapat bermanfaat dan menjadi berkah,” pungkasnya. (chi/HUMAS ITS)

Berita Terkait