ITS News

Minggu, 12 Juli 2020
12 Mei 2020, 19:05

ITS Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Sekitar Kampus

Oleh : itsmis | | Source : -

Dari kiri: Suyanto (Ketua RT 03 RW 03 Gebang Putih) , Dedi Kuswanto (Sekretaris RT 03 RW 03 Gebang Putih), Edi (Perangkat Kelurahan Gebang Putih), dan Novianti Ika Sari (staf PDPM ITS) saat melakukan serah terima donasi dari PDPM dan tim ITS Tanggap Bencana

Kampus ITS, ITS News – Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tetap berperan aktif bagi lingkungan sekitar. Kali ini, giliran tim ITS Tanggap Bencana bersama Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) kembali menyalurkan bantuan bagi masyarakat sekitar kampus.

Bantuan kali ini tepatnya ditujukan pada warga di RT 03 RW 03 Kelurahan Gebang Putih, Surabaya. Bantuan yang diberikan berupa 53 paket sembako dan 100 masker.

Project Manager Tim ITS Tanggap Bencana, Lalu Muhammad Jaelani ST MSc PhD, menjelaskan bahwa paket sembako dan masker yang diberikan merupakan hasil donasi. Donasi ini berasal dari donatur yang rutin memberikan bantuan dana melalui rekening milik tim ITS Tanggap Bencana. “Jadi, (sumbangan) ini tidak berasal dari rekening donasi satuan tugas (Satgas) Covid-19 ITS,” ujar dosen berkacamata ini.

Lalu menambahkan, hasil donasi yang terkumpul dibelikan paket sembako yang berisi beras, minyak, gula, teh, kornet, telur, kecap, dan lain-lain. Paket sembako yang ada tersebut juga telah disalurkan kepada 53 kepala keluarga melalui posko bantuan di RT 03 RW 03 Kelurahan Gebang Putih.

Bantuan yang diterimakan berupa 53 paket sembako berisi beras, minyak, gula, teh, kornet, telur, kecap

Dosen Teknik Geomatika ini mengatakan, bantuan tidak diberikan langsung kepada masyarakat agar pembagian donasi di daerah Gebang Putih dapat merata. Selain itu, tindakan ini juga sebagai langkah preventif guna mencegah situasi tidak terkendali ketika membagikan langsung di lapangan. “Jadi untuk pembagiannya, kami (ITS) percayakan langsung kepada pengurus RT setempat,” tandasnya.

Menurut Lalu, Kelurahan Gebang Putih termasuk ke dalam kawasan binaan yang dipegang oleh Pusat Kajian PDPM ITS. Untuk itu, selain karena lokasinya yang berada tepat berdampingan dengan ITS, daerah ini menjadi salah satu wilayah yang paling khusus untuk mendapat bantuan dari Kampus Pahlawan ini. “Terlebih, daerah binaan PDPM ini menjadi sarana ITS untuk melakukan pengabdian dan sebagai laboratorium hidup dalam proses pembelajaran,” tuturnya.

Lalu melanjutkan, daerah-daerah lain yang membutuhkan bantuan juga dapat mengajukan permohonan ke PDPM ITS. Nantinya, permohonan tersebut akan dipertimbangkan lebih lanjut, dan jika layak maka akan diberikan bantuan.

Menyikapi bantuan ini, Sekretaris RT 03 RW 03 Gebang Putih, Dedi Kuswanto menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada ITS. Khususnya, atas dukungan penuh dari PDPM dan ITS Tanggap Bencana dalam meringankan beban hidup masyarakat di sana. “Bantuan ini akan segera kami berikan bertahap dan diutamakan bagi yang paling membutuhkan,” ujarnya penuh syukur. (dik/HUMAS ITS)

Berita Terkait