ITS News

Sabtu, 20 April 2024
16 Maret 2020, 19:03

Apresiasi Alumni FTK Berbalut Hangatnya Malam Keakraban

Oleh : itszar | | Source : ITS Online

Dodit Mulyanto saat menampilkan hiburan musik electone

Kampus ITS, ITS News – Eratnya hubungan antar alumni Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memang tidak dapat diragukan lagi. Kali ini pada gawe alumni FTK melalui acara Cangkrukan dan Alumni FTK Awards. Tidak hanya sebagai ajang saling temu dan melepas rindu, ajang ini juga menjadi media apresiasi bagi para lulusan FTK. Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan peresmian gedung SEA Departemen Teknik Transportasi Laut, Jumat (13/3).

Acara yang dihadiri oleh alumni dari berbagai angkatan ini berlangsung secara hangat dengan atmosfer kekeluargaan yang kental. Hadirnya komika Dodit Mulyanto di tengah acara, turut memperkuat suasana harmonis yang terjalin antar alumni. Tidak jarang beberapa hiburan maupun candaan yang ia lontarkan mampu mengundang gelak tawa dari alumni yang hadir.

Dekan FTK, Dr Eng Trika Pitana ST MSc mengungkapkan bahwa semakin meningkatnya jumlah mahasiswa dari berbagai jurusan di fakultas ini, harus dibarengi pula dengan penguatan hubungan kekeluargaan yang terjalin. Dari satu angkatan yang hanya ada 50 mahasiswa, saat ini sudah ada sekitar 1900 mahasiswa aktif di FTK. “Hal itu memberi kita tanggung jawab lebih untuk saling menjaga dan merangkul mereka semua,” ungkapnya saat memberi sambutan awal.

Sependapat dengan pernyataan itu, Ketua Ikatan Alumni (IKA) FTK ITS, Ir Abdul Aziz MM, menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi mahasiswa FTK yang masih aktif berkuliah. “Mahasiswa diharapkan jangan sampai menjadi pribadi yang individualis, bangun dan pertahankan kerekatan hubungan antar angkatan sejak awal agar komunikasi tetap terjaga,” tandasnya.

Lebih lanjut, kali ini ada sedikit perbedaan dengan acara yang sudah diadakan IKA FTK ITS sebelumnya. Dalam rangka mengapresiasi alumni yang sudah berkontribusi dan mempunyai banyak capaian positif dalam bidang tertentu, diadakanlah prosesi pemberian penghargaan sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Ir Abdul Aziz MM (kanan), Prof Ir Soegiono (kiri) saat memberikan sepatah dua patah kata usai pemberian penghargaan

Ada sembilan macam kategori penghargaan yang diberikan. Beberapa diantaranya yaitu Professional Excellence, Entrepreneurial Spirit, Lifetime Achievement, Social Excellence, Millennial Excellence, Founder Excellence, Lecturer Excellence, dan Honorary Mention. Selain itu, salah satu penghargaan Outstanding Achievement juga diberikan kepada Dosen Departemen Teknik Kelautan Prof Ir Soegiono.

Penghargaan itu di dapat berkat gagasan dan kontribusinya yang luar biasa dalam dunia kemaritiman di lingkup nasional maupun internasional. “Semua alumni maupun mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kualitas ilmu kemaritimannya dan siap berkolaborasi bersama untuk membangun negeri,” ujarnya semangat.

Ucapan terima kasih juga diberikan Anita Puji Lestari ST selaku pengurus IKA FTK ITS kepada alumni yang sudah hadir dan tetap berkiprah dengan profesinya masing-masing. “Penghargaan ini kami berikan secara tulus kepada alumni yang sudah bekerja keras dan diharapkan dapat menularkan semangat ke mahasiswa untuk berkiprah dalam bidang kemaritiman, sosial, maupun keilmiahan,” pungkas Direktur Utama di PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia (ASSI) ini. (zar/lut)

Sesi foto bersama alumni beserta pengisi acara Dodit Mulyanto usai acara

Berita Terkait