ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
07 Januari 2020, 09:01

Tips Liburan Ala Mahasiswa

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Ilustrasi Berlibur

Kampus ITS, Opini – Di masa kuliah, libur semester menjadi salah satu momen yang ditunggu oleh mahasiswa. Setelah 16 minggu bergulat dengan tugas, mahasiswa dapat merasakan istirahat. Melepas rasa jenuh, menenangkan pikiran, dan sementara waktu meninggalkan hiruk pikuk masa perkuliahan.

Menyambut libur semester, beberapa mahasiswa tentunya telah membuat agenda kegiatan berlibur. Namun, tak sedikit diantara mereka yang belum menyiapkan rencananya. Jika termasuk tipe kedua, yuk intip beberapa tips liburan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. 

1. Berkumpul dengan keluarga

Rasa rindu senantiasa menuntun kita untuk berkumpul bersama keluarga. Seperti halnya Keluarga Cemara, kita meyakini bahwa harta yang paling berharga adalah keluarga. Jadi, untuk kalian mahasiswa, manfaatkan waktu libur ini untuk mengunjungi sanak saudara. Buatlah momen kebersamaan dengan kenangan yang berkesan. Beberapa hal yang bisa kita lakukan seperti membantu keluarga, makan bersama, hingga melakukan kegiatan pariwisata. 

2. Menonton drama atau film

Teman-teman yang punya hobi menonton pasti sudah menyiapkan segudang drama, film, ataupun anime berbagai genre untuk ditonton. Mulai drama Criminal Minds, sekuel terbaru dari Jumanji, kisah cinta Habibie dan Ainun, hingga anime One Piece bisa menjadi referensi untuk ditonton. Tak hanya bersenang-senang, dengan menonton film kita dapat menggali pesan moral dan mempelajari bahasa asing yang digunakan. 

3. Travelling

Entah sendiri atau bersama teman, travelling dijamin dapat mengusir kegabutan. Dibandingkan duduk diam, lebih baik kita travelling ke kota wisata nan bersejarah. Tak perlu jauh, yang penting penyegaran diri dapat terlaksana. Cobalah jelajahi kota asal, kunjungi teman di luar kota, atau belajar dari tempat bersejarah yang ada di Indonesia. Dengan begitu, waktu luang dapat diisi dengan memori keseruan yang tidak terlupakan.

4. Reuni dengan teman lama

Sangat seru rasanya jika bisa bertemu dengan teman lama. Untuk mengenang masa bersama mereka, cobalah membuat gathering atau kumpul bersama. Kegiatan semacam ini dapat menjadi media untuk menjaga keakraban dengan teman SD, SMP, atau SMA yang kini mulai menentukan masa depannya masing-masing. Harapannya, kegiatan bertukar cerita dapat menjaga tali silaturahmi sekaligus membantu mengenang masa-masa sekolah. 

5. Bersiap untuk semester baru

Untuk sobat ambis, liburan bukan soal bersenang-senang saja. Liburan juga berarti kita harus produktif. Dalam hal ini, liburan dapat diisi dengan belajar asyik. Di masa libur ini, cobalah belajarlah dengan tenang agar ilmu dapat dipahami secara optimal. Seperti kata pepatah, sekali mendayung dua pulau terlampaui. Jadi, liburan maupun belajar dapat dilakukan dalam waktu bersamaan. Manfaatnya, materi yang akan ditempuh di perkuliahan selanjutnya bisa kita kuasai terlebih dahulu. 

6. Tidur

Kelas harian, tugas, dan persiapan ujian kerap menyita waktu istirahat mahasiswa. Tak jarang padatnya jadwal kelas dan banyaknya tugas kuliah membuat mahasiswa harus tetap terjaga, menjauhkan diri dari tidur. Untuk membayar jam tidur tersebut, gunakan liburan untuk tidur puas dengan pulas. Tapi harus diingat sobat, tidurlah seperlunya jangan sampai berlebihan. Sebab, sesuatu yang berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu libur. Nikmatilah waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Mari ciptakan momen berharga sebelum diterpa rutinitas perkuliahan. Selamat berlibur, semoga berjalan menyenangkan. 

Ditulis oleh:

Mukhammad Akbar Makhbubi

Mahasiswa S-1 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota

Reporter ITS Online

Berita Terkait

ITS Media Center > Opini > Tips Liburan Ala Mahasiswa