ITS News

Selasa, 03 Agustus 2021
30 November 2019, 23:11

Kenalkan Bidang Keilmuan, Teknik Biomedik Gelar Perlombaan

Oleh : itsfat | | Source : ITS Online

BEACON, ajang kompetisi pelajar SMA besutan Teknik Biomedik ITS.

Kampus ITS, ITS News Dibandingkan departemen lain di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Departemen Teknik Biomedik masih tergolong muda. Oleh karena itu, ajang bertajuk Biomedical Engineering Annual Competition (BEACON) dihelat untuk pertama kalinya sebagai sarana mengenalkan keilmuan teknik biomedik kepada masyarakat.

Bak bayi yang baru lahir, departemen yang berdiri pada 2015 ini belum begitu populer. Terlebih lagi, institusi pendidikan tinggi yang memiliki keilmuan teknik biomedik masih dapat dihitung jari. Akibatnya, sumber informasi bagi pelajar-pelajar SMA yang hendak mengambil peminatan ini sangat minim. Menjawab persoalan tersebut, hadirlah kompetisi yang diperuntukkan bagi siswa SMA se-Jawa Timur ini.

Ketua Panitia BEACON, Ridho Witarman mengemukakan bahwa teknologi medis Indonesia sedang mengalami perkembangan. Hal ini ditunjukkan dari bertambahnya institusi akademik yang secara khusus mempelajari bidang teknologi kesehatan, seperti Teknik Biomedik ITS. “Teknologi fasilitas kesehatan yang memadai dapat menjadi dasar untuk memajukan kesejahteraan bangsa,” jelas Ridho, sapaan akrabnya. 

Mahasiswa angkatan 2016 ini melanjutkan, kemajuan teknologi ini tidak akan berarti tanpa adanya kontribusi masyarakat sebagai penunjang. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai agen penggerak berperan penting dalam membantu meningkatkan pemahaman masyarakat akan perkembangan teknologi. “Khususnya terkait teknik biomedik,” terangnya.

Ridho Witarman, ketua panitia BEACON 2019 saat menyampaikan sambutan.

Oleh karena itu, BEACON menjadi salah satu alat untuk mempromosikan bidang keprofesian Teknik Biomedik kepada siswa SMA dan sederajat. Tujuannya, sebagai langkah perkenalan serta pemahaman edukasi dan teknologi sains sejak dini. “Acara tahun ini berupa kompetisi antar pelajar SMA yang finalnya berupa praktikum dan cerdas cermat,” tuturnya saat ditemui kru ITS Online.

Selain dikemas dalam bentuk kompetisi antar pelajar SMA, acara yang bertemakan Healthcare IoMT: Internet of Medical Things ini, juga terdiri dari Biomedical Engineering Smart Exhibition (BenmaX). “BenmaX sendiri merupakan pameran tugas akhir mahasiswa Teknik Biomedik ITS,” ujar mahasiswa berkacamata itu. 

Di akhir, Ridho berharap BEACON dapat memancing kreativitas generasi muda untuk ikut mengembangkan teknologi khususnya teknologi bidang kesehatan di masa mendatang. “Sebagai acara pertama, saya berharap agar ke depan BEACON dapat menjangkau peserta di luar jawa timur hingga seluruh Indonesia,” harapnya. (fat/hen)

Kepala Departemen Teknik Biomedik, Dr Achmad Arifin ST MEng, saat memberikan sambutan pada BEACON 2019.

Berita Terkait