ITS News

Kamis, 15 April 2021
21 November 2019, 12:11

Kenali Peran Pohon Guna Tingkatkan Kepedulian Terhadap Pohon

Oleh : itsri | | Source : ITS Online

Ilustrasi pohon (sumber : theguardian.pe.ca)

Kampus ITS, Opini – Pohon merupakan komponen esensial dalam ekosistem kita. Banyak peran yang telah dilakukan oleh pohon dalam kehidupan yang tidak kita sadari. Dengan adanya Hari Pohon Sedunia pada 21 November ini, mari kita kenali peran-peran pohon guna meningkatkan kepedulian terhadap keberadaan pohon di dunia.

Pencemaran udara oleh asap kendaraan sudah menjadi hal yang lumrah di kehidupan kita. Tanpa kita sadari kita sudah ikut berperan dalam pencemaran udara selama kita menggunakan kendaraan bermotor. Namun tahukah kalian bahwa keberadaan pohon dapat menanggulangi pencemaran tersebut?

Mengutip dari lingkunganhidup.co, sebuah penelitian dari Davey Institute dan Departemen Kehutanan Amerika Serikat menemukan, pohon di perkotaan mampu menyelamatkan satu kehidupan setiap tahunnya. Pohon akan membersihkan udara dari polutan-polutan dan menghasilkan oksigen yang nantinya akan kita hirup saat bernapas.

Selain itu, pohon juga berperan dalam mengurangi efek rumah kaca yang disebabkan oleh gas-gas karbon dioksida yang ada diatmosfer kita. Gas karbon dioksida ini akan menghalang panas untuk keluar dari bumi, hasilnya bumi akan mengalami kenaikan suhu yang akan berdampak buruk bagi iklim dunia.

Menanam pohon dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Sebab pohon akan menyerap karbondioksida yang ada di udara. Alhasil pohon dapat mengurangi efek rumah kaca. Air bersih yang selama ini kita gunakan juga merupakan salah satu manfaat dari adanya pohon. Pohon merupakan fasilitas penyaring air yang alami. 

Selain menyaring air, pohon juga dapat menyimpan air tanah dan sebagian besar pasokan air bersih yang kita gunakan bersumber dari pegunungan-pegunungan yang ditumbuhi oleh banyak pohon.

Pohon ditaman (sumber : royalparks.org.uk)

Pohon juga dapat memberikan manfaat pada manusia dalam segi psikologis. Berjalan-jalan ketaman yang memiliki banyak pohon dapat meredakan stress seseorang. Penelitian lain dari Universitas Illinois (UI) menemukan, seseorang yang terhubung dengan alam dapat meningkatkan aspek kognitif dari seseorang.

Selain untuk manusia, pohon juga memiliki peran penting bagi satwa-satwa. Pohon berfungsi sebagai habitat, tempat mencari makan, bahkan tempat berlindung dari berbagai satwa. Banyak manusia yang menebang pohon-pohon untuk kepentingannya sendiri tanpa menyadari bahwa dia telah menghancurkan habitat dari berbagai satwa disana.

Di Hari Pohon Sedunia ini mari kita tingkatkan kepedulian dan kesadaran terhadap pepohonan di dunia. Karena seperti yang telah kita ketahui diatas banyak sekali peran penting pohon. Baik dalam ekosistem, untuk manusia, dan untuk satwa-satwa. Oleh sebab itu, mari kita lindungi pohon-pohon kita untuk masa depan yang lebih hijau.

Ditulis oleh :

Muhammad Miftah Fakhrizal

Mahasiswa S-1 Departemen Teknik Sipil

Angkatan 2019

Reporter ITS Online

Berita Terkait