ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
21 Oktober 2019, 22:10

Kolaborasi Seni dan Teknologi Dalam Dies Natalis ke-59 ITS

Oleh : itsmis | | Source : www.its.ac.id

Dekan FADP ITS Ir Purwanita Setijanti MSc PhD yang ditunjuk sebagai penanggung jawab Dies Natalis ke-59 ITS memberikan penjelasan di hadapan awak media

Kampus ITS, ITS News – Dalam rangka memeriahkan perayaan hari jadi atau Dies Natalis ke-59, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyuguhkan beberapa rangkaian kegiatan. Konsep pengembangan teknologi dan juga perpaduannya dengan seni menjadi nilai sekaligus aspek kolaborasi yang diusung pada kegiatan Dies Natalis tahun ini.

Untuk tahun ini, didapuk sebagai panitia dari Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan (FADP) bersama Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan dan Kebumian (FTSLK). Tiap tahunnya, untuk penyelenggaraan Dies Natalis ITS ditunjuk kepanitiaan dari tiap fakultas secara bergantian.

Dekan FADP ITS Ir Purwanita Setijanti MSc PhD menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 ITS tahun ini diusung berdasarkan tiga konsep kegiatan besar. Yaitu sebagai ajang untuk promosi kegiatan dan nama besar kampus ITS, merekatkan hubungan antar sivitas akademika dan pegawai di lingkungan ITS, sekaligus mengajak para mitra untuk berpartisipasi langsung dalam menyelenggarakan kegiatan pada Dies Natalis ke-59 ITS.

“Rangkaian kegiatan yang ada diharapkan sesuai dengan tema besar yang diusung tahun ini yaitu Borderless Sustainable Technology,” ujar dosen Arsitektur ini yang juga didaulat sebagai penanggungjawab kegiatan Dies Natalis ke-59. Melalui tema itu, lanjut perempuan yang karib disapa Nita ini, ITS akan menanamkan semangat untuk terus mengembangkan inovasi teknologi berkelanjutan tanpa mengenal batas wilayah maupun generasi. Hal ini diharapkan menjadi kontribusi utama ITS sebagai salah satu perguruan tinggi yang terbaik dalam bidang sains dan teknologi.

Ketua pelaksana Dies Natalis ke-59 ITS Budi Suswanto ST MT PhD sedang menjelaskan terkait rangkaian kegiatan yang ada dalam memeriahkan Dies Natalis ke-59

Sementara itu, Wakil Dekan FTSLK ITS Budi Suswanto ST MT PhD menjelaskan. rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 ini secara resmi dibuka pada tanggal 10 September lalu. Seperti yang diketahui, acara pembukaan ditandai dengan berbagai atraksi terutama parade cosplay yang disuguhkan oleh para sivitas akademika ITS. “Hal itu turut mencerminkan perpaduan antara teknologi dan seni,” tuturnya.

Dosen yang turut dipercaya sebagai ketua pelaksana Dies Natalis ITS ke-59 itu secara rinci menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan dibagi ke dalam lima subkegiatan besar lagi. Selain upacara pembukaan resmi yang sudah dilakukan, rangkaian kegiatan lain adalah pelaksanaan turnamen olahraga, festival seni, pesta olahraga dan kebudayaan, dan acara puncak dari Dies Natalis ITS ke-59 itu sendiri.

Untuk turnamen olahraga, kegiatan dilaksanakan pada 16 September hingga 31 Oktober. Beberapa cabang yang dilaksanakan yaitu bola basket, sepak bola, bola voli, futsal, dan masih banyak cabang lainnya. Ada hal unik pada kegiatan Dies Natalis tahun ini, yaitu adanya kompetisi baru e-sport yang mempertandingkan cabang gim Mobile Legends. “Beberapa cabang olahraga sudah selesai dipertandingkan dan beberapa masih dalam proses pelaksanaan,” ujar dosen Teknik Sipil ini.

Selain itu, imbuh Budi, pada subkegiatan festival seni, ada beberapa agenda besar yang dilaksanakan dengan waktu yang berbeda. Beberapa kegiatan yang dihadirkan yaitu ITS Talent Show, Avantgarde Music Fest yang dilaksanakan pada 1-3 November dengan menghadirkan beberapa musisi papan atas, sekaligus diisi dengan kegiatan Creative Market. Tidak lupa, ITS juga menyuguhkan pagelaran seni lokal berupa wayang kulit yang dibawakan langsung oleh Ki Seno pada tanggal 21 November mendatang.

Kemudian, dalam pesta olahraga dan kebudayaan, ITS akan mengadakan beberapa kegiatan besar yang melibatkan elemen masyarakat. Beberapa di antaranya yaitu kompetisi aerobik dan donor darah yang dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober. Lalu ada kegiatan jalan sehat bersama dan bakti sosial yang dilaksanakan pada tanggal 3 November nanti.

Tidak lupa ITS juga kembali mengenalkan permainan tradisional kepada generasi muda saat ini melalui kegiatan Festival Dolanan yang akan dilaksanakan pada 26 Oktober. Ada tiga permainan tradisional yang bisa dicoba yaitu gobak sodor, musik patrol, dan bentengan. Kegiatan itu terbuka untuk seluruh alumni, sivitas akademika, maupun masyarakat sekitar. Tahun ini ITS juga menyelenggarakan kegiatan ITS Run 5,9K pada 27 Oktober. “Alhamdulillah kuota peserta ITS Run 5,9K sebanyak 1.500 peserta sudah terjual habis,” timpalnya.

Budi juga menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 ITS ini akan mencapai puncaknya pada tanggal 10 November. Pada hari itu akan dilaksanakan upacara perayaan Dies Natalis Ke-59 di Graha Sepuluh Nopember ITS dengan menghadirkan pembicara utama yaitu Prof Dr Bambang PS Brodjonegoro. Selain itu, ITS juga akan berkolaborasi langsung dengan Ikatan Alumni ITS (IKA ITS) dalam menyelenggarakan International ITS Business Summit (IIBS) di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada tanggal 14-16 November.

Kegiatan baru itu akan mengusung tema Embracing New Government Policy on Renewable Energy and Related Industrial Sectors towards Environmentally Sustainable Development. Para pembicara yang dihadirkan nanti berasal dari berbagai kalangan, terutama akademisi maupun praktisi yang ahli di bidangnya. “Dari kolaborasi tersebut, diharapkan semakin mempererat ikatan antara ITS dengan IKA ITS dan mampu menggaungkan nama ITS di kancah internasional,” pungkasnya. (lut/HUMAS ITS)

Kegiatan ini turut mengundang beberapa kawan jurnalis yang diharapkan mampu berpartisipasi dengan turut menyebarluaskan informasi terkait Dies Natalis ITS ke-59

Berita Terkait