ITS News

Sabtu, 20 April 2024
16 Oktober 2019, 23:10

Lepas Tim GemasTIK, Rektor ITS Targetkan Sembilan Medali Emas

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (tengah) bersama dosen ITS, tenaga kependidikan lainnya, dan ke 12 tim dalam acara pelepasan Tim GemasTIK 12, Rabu (16/10)

Kampus ITS, ITS News – Ajang bergengsi Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (GemasTIK) yang ke 12 akan kembali digelar. Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berharap ITS dapat meraih sembilan medali emas dari 12 tim yang resmi dilepas di Gedung SAC ITS, Rabu (16/10).

Ajang GemasTIK 12 yang merupakan program milik Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini akan diadakan dalam tiga hari mulai Kamis (24/10) nanti di Bandung.

Acara ini telah menyeleksi 68 finalis. Ke 68 finalis tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi, diantaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Telkom (TelU), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Terdapat sebelas kategori yang akan dilombakan yaitu Pemrograman (Programming), Keamanan Siber (Cyber Security), Penambangan Data (Data Mining), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Animasi (Animation), Kota Cerdas (Smart City), Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Piranti Cerdas Sistem Benam dan IoT (Smart Device, Embedded System and IoT), Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), dan Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

Dalam sambutan singkatnya, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, menegaskan bahwa domain ajang ini tentunya bukan hanya milik Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) ataupun Fakultas Teknologi Elektro (FTE) saja, namun semua pihak juga dapat berpartisipasi. “Coding merupakan bahasa internasional masa depan, sehingga semua pihak harus memahami konsep tersebut,” ujar Guru Besar Departemen Teknik Elektro itu.

Ashari menargetkan tim ITS akan memperoleh sembilan medali emas dalam GemasTIK 12 dan mengharumkan nama baik ITS. Tahun lalu, ITS sendiri telah mendapatkan gelar juara terbanyak, yaitu delapan medali. “Kami berharap ke 12 tim ITS yang akan berlaga dalam GemasTIK 12 meraih hasil terbaik, dan tentu saja dengan perjuangan,” ucapnya dengan penuh semangat.

Orang nomor satu di ITS tersebut menambahkan agar Tim GemasTIK 12 ITS diberikan kelancaran dan kemudahan serta diberikan pencerahan dalam berfikir dan bertindak dalam kompetisi tersebut. Ia juga berpesan agar Tim Gemastik 12 ITS menjaga kesehatan dan selalu riang. “Apapun hasil yang akan diperoleh ITS dalam GemasTIK 12 merupakan suatu kebanggaan,” pungkasnya. (ion6/id)

Berita Terkait