ITS News

Sabtu, 20 April 2024
16 Oktober 2019, 23:10

Babak Final NPC 2019 Adu 80 Peserta Terbaik

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Peserta final NPC 2019 yang dilaksanakan di Departemen Informatika ITS, Minggu (13/10)

Kampus ITS, ITS News – Babak Final National Programming Contest (NPC), salah satu sub acara Schematics 2019, telah berlangsung di Departemen Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Babak ini mempertemukan tiga puluh tim kategori Senior dan Junior dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah berhasil menyisihkan ratusan tim di tahap pertama, mereka bersaing untuk memperebutkan posisi lima besar, Minggu (13/10).

National Programming Contest (NPC) adalah kompetisi pemrograman tingkat nasional dengan standar kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Departemen Informatika ITS. NPC dibagi menjadi
dua kategori, yaitu kategori junior yang diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat dan kategori senior untuk mahasiswa.

Sejak pendaftaran dibuka, tercatat 425 peserta NPC baik senior maupun junior telah mendaftar dalam acara ini.  Penyisihan secara online harus mereka lalui untuk sampai di tahap final. Dalam tahap final, terdapat 80 peserta yang berkompetisi, dengan rincian NPC senior sebanyak dua puluh tim dengan masing-masing tim tiga peserta dan NPC junior sebanyak dua puluh peserta.

Bagas Juwono Priambodo, ketua Schematics 2019 menuturkan, tujuan dari acara Schematics NPC ini untuk mencerdaskan masyarakat terutama siswa SMA/sederajat tentang pentingnya kemampuan analisis algoritma dan pemrograman. Selain itu, acara ini juga sebagai ajang untuk memfasilitasi mahasiswa dalam berkompetisi di bidang pemrograman. “Peserta mahasiswa bisa mengasah dan mengetahui tolok ukuranya dalam kompetisi pemrograman,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bagas memaparkan bahwa bentuk soal dalam NPC 2019 disesuaikan dengan kategori peserta. Dalam pemilihan soal, panitia Schematics 2019 menghadirkan tim pembuat soal yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Departemen Informatika ITS. Tim pembuat soal mahasiswa membuat soal untuk kategori junior, sedangkan tim dosen untuk kategori senior.

Dari babak final ini, diambil sepuluh juara dengan rincian lima tim kategori Senior dan lima peserta kategori Junior. Keduanya masing-masing terdiri dari juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1, dan harapan 2. “Pemenang juga akan memperebutkan piala bergilir dan total hadiah sebesar 23 juta rupiah,” ujar mahasiswa asal Jakarta ini.

Selain itu, Schematics 2019 menyediakan tiga tiket freepass masuk Departemen Informatika ITS untuk tim juara pertama kategori Junior NPC 2019. Ia menjelaskan, tiket freepass tersebut tidak hanya sebagai instrumen untuk menarik minat peserta mengikuti NPC, tetapi sebagai bentuk jalur khusus dari Departemen Informatika. “Ini bisa menjadi jalur khusus untuk menerima calon mahasiswa yang benar-benar berpotensi di bidang pemrograman dan algoritma,” terangnya pada ITS Online.

Penutupan NPC 2019 dilaksanakan di Graha Mahameru Jemursari, Surabaya. Bagas berharap, ke depannya akan semakin banyak peserta yang mendaftar NPC. “Semoga NPC 2020 bisa lebih baik dan belajar banyak dari evaluasi NPC 2019,” pungkasnya. (Ion 30/id)

Penyerahan penghargaan kepada tim peserta kategori Senior NPC 2019

Berita Terkait