ITS News

Sabtu, 18 Mei 2024
14 Oktober 2019, 00:10

Departemen Informatika ITS Siap Gelar Schematics 2019

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Logo resmi acara Schematics 2019

Kampus ITS, ITS News – Schematics, acara tahunan helatan Departemen Informatika ITS, terdiri dari beberapa acara dan kompetisi tingkat nasional. Sub acara tersebut yakni National Programing Contest (NPC), National Logic Contest (NLC), National Seminar of Technology (NST), dan Schematics Revolutionary Entertainment and Expo with Various Arts (Reeva). Rangkaian acara tersebut berlangsung selama tiga bulan mulai Juli dan berakhir pada Sabtu (26/10) nanti.

Bagas Juwono Priambodo, ketua Schematics 2019, menjelaskan bahwa NPC merupakan kompetisi pemrograman tingkat nasional dengan standar kompetisi tingkat internasional. Tujuan dari kompetisi ini untuk mencerdaskan serta memfasilitasi masyarakat, terutama siswa Sekolah Menengah Akhir (SMA) yang ingin mengasah kemampuan analisis algoritma dan pemrogramannya.

Untuk NLC, Bagas melanjutkan, NLC merupakan sebuah kompetisi yang menguji kemampuan berpikir logis dan analitis dalam memecahkan serangkaian masalah yang ada. Soal tertulis hingga permainan yang mengasah otak diberikan secara bervariasi dalam kompetisi ini. Menurutnya, tujuan NLC adalah untuk mencerdaskan masyarakat dan siswa SMA sederajat tentang pentingnya logika. “Sebagaimana mahasiswa di Departemen Informatika selain dituntut bisa pemrograman juga bisa bermain logika,” ujarnya. NPC dan NLC diselenggarakan di Departemen Informatika ITS pada 13 Oktober 2019 lalu.

Yang ketiga, Bagas juga menerangkan bahwa NST bertujuan memberikan pengetahuan tentang perkembangan teknologi informasi saat ini. NST diselenggarakan di Hotel Swiss Belinn Manyar Surabaya pada 20 Oktober 2019 nanti dan dibuka untuk umum. “Seminar ini pun kami adakan sebagai upaya memajukan pengetahuan di bidang industri dan teknologi Indonesia,” jelasnya.

Sebagai penutup, Reeva hadir sebagai bentuk branding Schematics 2019 ke masyarakat dan ujung tombak rangkaian acara Schematics. Reeva diselenggarakan di Graha ITS pada 26 Oktober 2019 nanti. “Reeva tahun ini kami menghadirkan Yovie and Nuno dan Sal Priadi sebagai bintang tamu,” ujarnya.

Bagas menuturkan, tema yang diusung dalam Schematics 2019 adalah Simfoni Karya dan Logika dalam Gemerlap Teknologi. Kata simfoni, lanjut Bagas, mengibaratkan rangkaian acara Schematics 2019 seperti perpaduan note pada musik. “Sedangkan karya dan logika dalam gemerlap teknologi menunjukan serangkaian acara Schematics yang berfokus pada teknologi,” jelasnya.

Mahasiswa alumni SMA Islam PB Soedirman Jakarta ini berharap tujuan Schematics untuk mencerdaskan dan menghimpun masyarakat mengenai pengetahuan dan teknologi bisa terwujud. “Lewat kompetisi, seminar, dan konser saya harap Schematics juga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk saat ini dan ke depannya,” pungkasnya. (ion 30/id)

Peserta Final NPC, salah satu sub acara Schematics 2019 yang berlangsung di Departemen Informatika ITS

Berita Terkait