ITS News

Minggu, 17 November 2019
13 Oktober 2019, 21:10

Tingkatkan Jumlah Sitasi, ITS Ajak Mahasiswa Tulis Review Paper

Oleh : itsojt | | Source : ITS Online

Foto bersama kegiatan R2SEP

Kampus ITS, ITS News – Jumlah sitasi perguruan tinggi masih menjadi salah satu kriteria dalam penilaian World Class University (WCU). Masih dalam atmosfer yang sama, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Researcher & Research Student Enrichment Program (R2SEP) mengajak mahasiswanya untuk meningkatkan jumlah sitasi melalui penulisan review paper. 

Kepala Departemen Teknik Lingkungan, Adhi Yuniarto ST MT PhD, menyatakan bahwa penting bagi mahasiswa perguruan tinggi untuk menulis review paper. Sebab, sampai saat ini banyak peneliti yang menggunakan review paper sebagai dasar teori dalam penelitian mereka. “Semakin banyak menulis review paper  sitasi ITS semakin meningkat,” ujarnya.

Namun, disayangkan oleh Adhi, masih banyak dosen ataupun peneliti ITS yang memilih menulis research paper dibandingkan review paper. Alasannya, publikasi penelitian yang masih berdasarkan hasil membuat research paper menjadi pilihan untuk menuangkan penelitian mereka. “Hal ini berbanding terbalik dengan review paper yang berupa tinjauan pustaka,” ujar alumni Universiti Teknologi Malaysia itu. 

Tak sebatas itu, alasan lain yang melatarbelakangi minimnya penulisan review paper adalah  terbatasnya waktu pembelajaran mahasiswa S2 dan S3 yang berbasis penelitian. Lebih lanjut, baginya, hal itu dapat diatasi dengan membuat review paper saat mahasiswa sedang menulis metodologi dalam research paper.  “Strategi seperti ini sangat berguna, tak hanya menambahkan publikasi, mahasiswa juga dapat membuat dua paper sekaligus dalam sekali penelitian,” tambahnya.

Ke depan, untuk menambah jumlah sitasi ITS, ia berharap, dosen pembimbing penelitian dapat memfasilitasi mahasiswa agar dapat menuliskan review paper sembari menuliskan research paper mereka. “Semoga akan banyak lagi mahasiswa atau dosen yang bersemangat menulis review paper,” sambungnya. (ion17/hen)

Berita Terkait