ITS News

Selasa, 16 April 2024
01 Oktober 2019, 21:10

Pacu Internasionalisasi, Departemen Teknik Kimia Hadirkan World Class Professor

Oleh : itssof | | Source : ITS Online

World Class Professor (WCP) dari National Cheng Kung Univercity (NCKU) Taiwan, Prof Wei Wu PhD ketika memberikan materi dalam seminar yang diadakan di Departemen Teknik Kimia ITS

Kampus ITS, ITS News –  Demi terwujudnya visi menjadi World Class University (WCU), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya meningkatkan atmosfer internasionalisasi kepada seluruh mahasiswanya. Untuk mendukung misi tersebut, salah satu World Class Professor (WCP) dari National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan, Prof Wei Wu PhD dihadirkan dalam seminar yang diadakan di Aula Oedjoe Djoeriaman, Departemen Teknik Kimia ITS, Selasa (1/10).

Di hadapan mahasiswa Departemen Teknik Kimia ITS, Prof Wei Wu menyampaikan, NCKU adalah universitas yang tepat jika mahasiswa ITS ingin melanjutkan studi. Hal ini lantaran NCKU menyediakan program khusus yang dapat diikuti oleh mahasiswa ITS, seperti program master dan program doktor. Selain itu, fakta bahwa NCKU dikenal memiliki program studi teknik kimia terbaik di Taiwan menjadi nilai tambah khususnya bagi mahasiswa Departemen Teknik Kimia ITS.

“Dengan berbagai kesempatan tersebut, saya berharap banyak mahasiswa ITS yang melanjutkan studi di NCKU. Dengan demikian, kolaborasi NCKU dan ITS dapat terjalin,” harap profesor yang berpengalaman dalam bidang process system engineering ini.

Hal senada juga disampaikan dosen Departemen Teknik Kimia yang juga menjadi moderator dalam seminar tersebut, Dr Rendra Panca Anugraha ST. Rendra mengungkapkan, agar kolaborasi ini dapat terjalin melalui mahasiswa, Prof Wei Wu akan disinggahkan lebih lama di ITS, yaitu untuk pembicara dalam workshop yang akan diadakan selama dua hari, mulai Senin (7/10) mendatang.

Pada hari pertama workshop tersebut akan dibahas mengenai bagaimana riset yang harus dilakukan tentang process system engineering saat ini. “Melalui workshop tersebut, diharapkan kolaborasi NCKU dengan ITS dapat meningkat, baik dalam hal akademik maupun riset,” ungkap dosen yang mewakili Laboratorium Perancangan dan Pengendalian Proses (Perdalpro) Departemen Teknik Kimia tersebut.

Foto bersama antara Prof Wei Wu PhD, Dr Rendra Panca Anugraha ST, dan para peserta seminar

Selanjutnya, Doktor yang baru berusia 24 tahun ini juga menyatakan, hari kedua workshop akan disampaikan materi tentang bagaimana cara dalam mempersiapkan publikasi karya tulis di jurnal internasional yang bereputasi. “Hal ini didukung dengan kapasistas Prof Wei Wu sendiri yang merupakan associate editor jurnal internasional yang bereputasi,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan workshop dan seminar WCP ini juga terselenggara atas kerja sama antara Laboratorium Perdalpro dengan American Institute of Chemical Engineers (AIChE) ITS Student Chapter. Kemudian Presiden AIChE ITS Student Chapter, Maulidah Haniati menyampaikan bahwa sebenarnya kegiatan ini juga dibuka untuk umum bagi seluruh mahasiswa ITS, maupun dari kampus lainnya.

Selain itu, mahasiswa angkatan 2017 tersebut juga berharap, baik peserta seminar atau workshop tersebut mampu mencerna semua ilmu mengenai process system engineering yang diberikan.”Pasalnya, hal tersebut sangat penting bagi sebagian besar perusahaan industri,” pungkasnya. (sof/rur)

Berita Terkait