ITS News

Kamis, 21 November 2019
04 September 2019, 11:09

Peran Tim Kawal Bantu Kontingen Pimnas ITS

Oleh : itssof | | Source : ITS Online

Beberapa Tim Kawal PKM ITS ketika bertugas di Pimnas 32

Bali, ITS News – Suksesnya sebuah kontingen dalam kompetisi tentu tidak terlepas dari tim yang memiliki tugas untuk mengurusi segala persiapan dan administrasinya. Tim Kawal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bertugas untuk membantu terselenggaranya PKM tiap tahunnya dari mulai pendaftaran hingga puncak acara yakni Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Tim Kawal PKM sendiri dibawahi langsung oleh Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) ITS. Ketua Tim Kawal ITS, Rizal Kurniawan mengakui, timnya bertugas mengurusi segala keperluan seperti kebutuhan poster, laporan akhir, distribusi barang, dan lain sebagainya. Sehingga, seluruh tim PKM ITS yang lolos ke Pimnas tinggal fokus pada presentasi saja.

Tim yang berisi sebelas anggota tersebut juga memfasilitasi pelaksanaan bimbingan dan simulasi kegiatan Pimnas. Misalnya seperti memastikan seluruh tim ITS untuk selalu tepat waktu dalam rangkaian kegiatan pimnas. “Jadi setiap paginya kami membangunkan tim ITS pada setiap kamarnya di hotel,” ungkapnya.

Selain itu, Tim Kawal PKM ITS juga bertugas untuk mengajak mahasiswa ITS sebanyak-banyaknya untuk berpartisipasi dalam PKM tiap tahunnya. Bentuk nyatanya seperti membantu Himpunan Mahasiswa (Hima) pada masing-masing departemen untuk berkoordinasi dalam pelaksanaan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) untuk mahasiswa baru (maba) yang wajib diikuti di tahun pertama mereka.

Ketua Tim Kawal PKM ITS, Rizal Kurniawan ketika dijumpai di halaman Universitas Udayana

Kepada ITS Online, Rizal juga menyatakan bahwa hal itu semua perlu dilakukan karena PKM sendiri sangat penting di kalangan perguruan tinggi seluruh Indonesia. Selain untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa, sambungnya, PKM juga merupakan salah satu indikator yang paling vital pada pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam lingkup ITS sendiri, Tim Kawal juga membantu gelaran kompetisi PKM internal yakni Supernova oleh Dirmawa ITS. “Bagi pemenang dari kompetisi tersebut juga akan mendapat hadiah,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Industri ini.

Karena akan banyak melibatkan mahasiswa, Rizal berharap seluruh mahasiswa dapat memberikan yang terbaik untuk ITS. “Semoga semua tim ITS nantinya juga mendapatkan hasil yang maksimal, sesuai usaha mereka masing-masing,” pungkasnya. (sof/owi)

Berita Terkait