ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
28 Agustus 2019, 00:08

OMITS 2019 Tingkatkan Wawasan dan Aplikasi Ilmu Matematika

Oleh : itsyus | | Source : ITS Online

Para Pemenang Olimpiade Matematika ITS (OMITS) 2019 jenjang SMA

Kampus ITS, ITS News – Himpunan Mahasiswa Departemen Matematika (HIMATIKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menggelar kompetisi matematika bergengsi skala nasional. Olimpiade Matematika ITS (OMITS) 2019 kali ini melibatkan lebih dari 5000 peserta dari berbagai jenjang pendidikan, dari SD hingga perguruan tinggi. Tak hanya kompetisi, tahun ini terdapat pula seminar matematika yang turut melengkapi rangkaian OMITS 2019 guna meningkatkan wawasan dan pengaplikasian ilmu matematika

Pada awal Agustus 2019, dalam gelaran yang ke-13 kalinya ini, OMITS 2019 berhasil melaksanakan babak penyisihan Olimpiade Matematika untuk siswa SD sampai SMA di 28 wilayah yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dan satu wilayah daring. Sedangkan Mathematics ITS Calculus Competition (MISSION), kompetisi kalkulus nasional yang diperuntukkan bagi mahasiswa diselenggarakan di enam wilayah serta satu wilayah daring.

Diikuti oleh 49 tim jenjang SD, 50 tim jenjang SMP, dan 53 tim jenjang SMA, semifinal OMITS 2019 berlangsung meriah pada Sabtu (24/8). Bertempat di Departemen Matematika ITS, semifinalis merupakan pemenang dari tiap-tiap wilayah dan peraih nilai tertinggi dalam peringkat nasional. Sepuluh tim dengan nilai terbaik pada babak semifinal untuk masing-masing jenjang kemudian melaju ke babak final.

Dalam babak final yang diselenggarakan pada Minggu (25/8), finalis jenjang SD berlomba dalam ajang cerdas cermat matematika. Sedangkan finalis jenjang SMP dan SMA berebut memberikan presentasi terbaik mengenai penyelesaian soal yang diberikan oleh dewan juri. “Untuk MISSION, 15 tim terbaik pada babak penyisihan langsung menuju babak final dan presentasi di depan dewan juri,” tutur Erlyne Nadhilah Widyaningrum, Koordinator Hubungan Masyarakat OMITS 2019.

Ditemui ITS Online, mahasiswa Departemen Matematika Angkatan 2017 ini menjelaskan bahwa OMITS 2019 mengangkat tema magic yaknisebuah keajaiban. “Dengan menggunakan sebuah mantra, diharapkan bisa menjadikan matematika sebagai ilmu terapan yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman,” jelasnya. Hal ini selaras dengan tujuan OMITS 2019 untuk memberi wawasan mengenai keprofesian dan pengaplikasian Ilmu Matematika di era saat ini kepada masyarakat.

Sebagai wujud dari keajaiban tersebut, OMITS 2019 mempersembahkan Seminar Matematika bertajuk Peran Matematika dalam Revolusi Industri 4.0 yang diselenggarakan pada Minggu (25/8). Seminar yang baru pertama kali digelar dalam rangkaian OMITS ini menghadirkan beberapa narasumber ahli bidang penerapan Matematika. Di antaranya adalah Bima Nitiditrisna, ASAI, Supervisor PT Asuransi MSIG Indonesia, Prof Dr Hary Budiarto, MKom, Ahli Perekayasa Utama (APU) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Dr Budi Setiyono, SSi, MT, Dosen Departemen Matematika ITS.

Para Pemenang Mathematic ITS Calculus Competition (MISSION) OMITS 2019

Menutup rangkaian OMITS 2019, Gala Dinner bertema The Wizarding Night diselenggarakan di Graha Sawunggaling milik Pemerintah Kota Surabaya. Dari jenjang perguruan tinggi, kompetisi MISSION dimenangkan oleh tim Universitas Gadjah Mada (UGM). Kemudian Olimpiade jenjang SD dimenangkan oleh SD Luqman Al-Hakim, jenjang SMP dimenangkan oleh SMP Al-Hikmah, serta jenjang SMA dimenangkan oleh SMA Kristen Petra 2 Surabaya. (yus/owi)

Berita Terkait