ITS News

Senin, 04 Juli 2022
25 Juli 2019, 17:07

Monitoring Akademik Mahasiswa Lewat Aplikasi MyITS Wali

Oleh : itssep | | Source : -

Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT Berharap myITS Wali Jadi Jembatan antara ITS dengan Orang Tua Mahasiswa

Kampus ITS, ITS News – Orang tua atau wali dari mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kini dapat ikut memantau perkembangan akademik anak. Lewat aplikasi myITS Wali yang dikembangkan ITS melalui Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS, orang tua dapat ikut mendukung perkembangan anak sebagai mahasiswa ITS selama masa perkuliahan.

myITS Wali sendiri merupakan sebuah aplikasi mobile yang didesain untuk orang tua atau wali guna memantau kegiatan akademik sang anak selama berkuliah di ITS. Adapun beberapa fitur utama seperti kemajuan akademik mahasiswa, jadwal kuliah, status pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), hingga berita seputar ITS dapat diakses melalui aplikasi yang sudah dirilis sejak 30 April 2019 lalu ini.

Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT, Wakil Rektor ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menjelaskan, hadirnya aplikasi myITS wali ini dapat dimanfaatkan oleh orang tua atau wali dari mahasiswa untuk mengetahui kapan saja jadwal kuliah dari sang anak. “Ini menjadi fitur yang paling utama sehingga mahasiswa tidak dapat berkelit atau berbohong kepada orang tua saat pergi dengan beralasan ada jadwal kuliah,” jelasnya.

Logo MyITS Wali

Guru Besar Departemen Elektro ITS ini pun menjelaskan, cara untuk dapat mengakses myITS Wali sangatlah mudah. Pertama adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi ini melalui platform Android lewat Google Playstore. Setelah itu, klik aktifkan akun. Masukkan nomor telepon lalu tekan aktifkan. Pastikan data diri yang muncul sudah sesuai pada data verifikasi yang sudah dikirimkan oleh operator. Kemudian centang pernyataan yang ada lalu klik ‘Ya, ini saya’. Masukkan kode aktivasi yang didapatkan dari SMS, lalu klik ‘Lanjutkan’. Langkah terakhir adalah masukkan PIN baru untuk menjadi password setiap masuk aplikasi myITS Wali nantinya. Setelah itu masuk ke akun menggunakan nomor telepon dan PIN yang sudah didaftarkan.

Halaman Login Aplikasi myITS Wali

Pria asal Lumajang ini menambahkan bahwa satu mahasiswa hanya bisa mendaftarkan satu nomor orang tua saja. Namun timbul permasalahan di kalangan mahasiswa bahwa yang diisikan untuk mendaftar akun myITS Wali bukanlah nomor orang tua atau wali mahasiswa tersebut. “Hal ini biasanya terjadi bagi mahasiswa yang tidak ingin dipantau oleh orang tua atau walinya,” ucapnya.

Saat ini, ITS masih berupaya untuk melakukan sosialisasi langsung kepada orang tua atau wali mengenai aplikasi yang dapat dimiliki oleh orang tua atau wali mahasiswa secara gratis ini. DPTSI ITS juga masih melakukan pengembangan aplikasi ini dengan menambahkan fitur konsultasi antara orang tua dengan dosen wali sebagai perwakilan orang tua di kampus. “Fitur absensi juga sedang dikembangkan sehingga orang tua dapat mengetahui riwayat kedatangan anaknya di kelas yang diikuti,” ujarnya menambahkan.

Adi pun berharap, segala macam masalah yang dialami mahasiswa terkait akademik dapat terdeteksi lebih awal oleh orang tua melalui aplikasi ini. Orang tua mahasiswa juga diharapkan dapat melakukan tindak pencegahan dan penanganan lebih awal. “Karena sejatinya peran orang tua sangatlah besar bagi perkembangan anaknya karena mereka yang dapat menasehati mereka di rumah,” tutupnya. (sep/owi)

Berita Terkait