ITS News

Kamis, 18 April 2024
18 Juni 2019, 21:06

ITS Tambah Enam Prodi yang Sukses Terakreditasi IABEE

Oleh : itsmis | | Source : www.its.ac.id

Gedung Departemen Teknik Lingkungan ITS, salah satu departemen yang berhasil memperoleh akreditasi IABEE.

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus berupaya dalam menjaga kualitas setiap program studi (prodi) yang nantinya dapat diakui oleh banyak pihak, baik nasional maupun internasional. Salah satunya dibuktikan dengan capaian enam prodi sarjana (S1) di ITS yang berhasil meraih akreditasi general dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

Keenam prodi tersebut antara lain Teknik Perkapalan, Teknik Material, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Mesin, dan Teknik Lingkungan. Perolehan tersebut menyusul prodi Teknik Kelautan yang terlebih dahulu berhasil meraih akreditasi provisional dari IABEE setahun sebelumnya.

Kepala Departemen Teknik Material ITS, Dr Ir Agung Purniawan ST MEng menjelaskan, selama ini IABEE sendiri telah diakui di Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program-program studi yang memberikan gelar sarjana akademik di bidang teknik dan computing.

Gedung Departemen Teknik Fisika ITS

Lembaga akreditasi internasional tersebut mengacu pada Washington Accord sebagai salah satu standar akreditasi internasional bidang teknik. Akreditasi IABEE menekankan pada implementasi pendidikan berbasis capaian pembelajaran (outcome based education). “Sehingga menjamin pemenuhan proses perbaikan berkelanjutan,” imbuhnya.

Kemudian dalam mendapatkan akreditasi internasional, terang Agung, setiap program studi diharuskan menyesuaikan pembelajaran berdasarkan capaian pembelajaran (learning outcome) yang sudah ditentukan dan diberikan oleh IABEE. Sementara itu, ia mencontohkan hal yang juga dilihat dalam proses akreditasi meliputi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Kebersihan, dan hasil pembelajaran dari mahasiswa itu sendiri.

Gedung Departemen Teknik Perkapalan ITS

Akreditasi internasional yang diraih ini juga dapat menjadi salah satu nilai tambah pada setiap prodinya. Pasalnya, ketika banyak mitra dari luar yang menanyakan mengenai bagaimana pembelajaran yang telah dilakukan, akreditasi ini menjadi bukti bahwa kualitas yang ada telah memenuhi terhadap standardisasi internasional.

Dengan adanya akreditasi ini, Agung juga mengharapkan untuk bisa menjadikan momentum pembenahan pada sistem menajemen dalam internal prodi itu sendiri. “Nantinya, hal ini juga akan terus dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya ketika akan diakreditasi saja,” ungkapnya. (sof/HUMAS ITS)

Salah satu fasilitas lab di Teknik Mesin ITS

Berita Terkait