ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
13 Juni 2019, 20:06

Tim Robot ITS Siap Raih Juara di Ajang Nasional dan Internasional

Oleh : itsmis | | Source : www.its.ac.id

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari beserta jajaran saat menyaksikan robot Ichiro teensize didemonstrasikan dalam bermain bola

Kampus ITS, ITS News – Tim Robot Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali siap unjuk ketangguhan dalam ajang kontes robot nasional maupun internasional, dalam waktu dekat ini. Mempertahankan gelar juara pun menjadi target tim yang bernaung di bawah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotika ini.

Tahun 2019 ini, tim robot ITS kembali akan mengikuti dua ajang lomba bergengsi di tingkat nasional maupun internasional. Pertama adalah ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 tingkat nasional yang akan digelar pada tanggal 20 – 23 Juni 2019 di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang.

Ada lima tim yang dikirim di ajang ini, yakni Tim Ichiro (kategori robot sepakbola humanoid), Tim Iris (kategori robot sepakbola beroda), Tim Abinara-1 (kategori robot pemadam api), Tim Vi-Rose (kategori robot seni tari Indonesia), dan Tim Risma (kategori robot ABU Indonesia).

Robot seni tari Vi-Rose unjuk kebolehan menari Jaipong

Pembimbing Tim Robotika ITS, Muhtadin ST MT menjelaskan, empat dari lima tim yang dikirim tersebut sudah pernah memperoleh juara pada KRI tingkat Regional IV 2019, sehingga mendapatkan tiket menuju KRI Nasional 2019. Sedangkan untuk Tim Ichiro mendapatkan undangan langsung menuju KRI Nasional 2019. “Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi kita (tim robot ITS, red) untuk memberikan yang terbaik pada lomba nanti,” ujarnya.

Selain mengikuti ajang kontes robot nasional, ITS juga akan mengirim tim robotnya dalam kompetisi Robocup 2019 yang dilaksanakan di Sydney Convention and Exhibition Centre Darling Harbour, Sydney, Australia pada tanggal 2 – 8 Juli 2019.

Dosen pembimbing Tim Robot ITS, Muhtadin, saat menyampaikan laporan kinerja tim robot ITS yang akan berlaga di dua kejuaraan sekaligus dalam waktu berdekatan

Pada kompetisi tersebut, ITS sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia mengirimkan tiga tim, yaitu tim robot sepak bola humanoid Ichiro Kidsize dan Ichiro Teensize, yang akan berlomba di kategori Humanoid Robot Soccer. Selain itu ada juga tim robot sepak bola beroda, Iris, yang akan berlomba pada kategori Middle Size League Robot Soccer.

Tentang persiapan dalam menghadapi dua ajang bergengsi tersebut, pria yang juga menjadi pembina UKM Robotika ITS ini menjelaskan bahwa telah melakukan perbaikan mekanik robot, sistem elektronik robot, dan software robot. Dengan perbaikan ini, robot Ichiro memiliki gerakan yang lebih gesit dalam mengejar bola, serta memilki kemampuan menendang bola yang semakin baik dengan jarak menendang bola yang semakin jauh.

Pengurus IKOMA ITS Rudhy Ivan Noor menyampaikan dukungan IKOMA sepenuhnya pada kegiatan mahasiswa berprestasi ITS

“Perbaikan dalam sisi software juga bisa mengakibatkan robot memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengenali bola dan memperkirakan posisi robot dalam lapangan sepak bola,” papar dosen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Elektro (FTE) ITS ini.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari yang melepas tim ini untuk berlomba menuturkan, ia sangat mengapresiasi kerja keras tim robot ITS selama ini dalam mempersiapkan diri mengikuti dua ajang bergengsi tersebut. Harapan tinggi juga diucapkan untuk bisa menjuarai semua gelar yang diikuti. “Paling penting kita tetap bangga dengan prestasi tim ini yang telah meninggikan nama ITS dan Indonesia dalam kancah internasional,” tutupnya memuji. (sep/HUMAS ITS)

Robot Iris saat didemokan sedang berebut bola di lapangan

Berita Terkait