ITS News

Minggu, 11 April 2021
24 Mei 2019, 00:05

ITS Resmikan Yayasan Manarul Ilmi

Oleh : itsdik | | Source : -

Pemotongan tumpeng oleh Prof Ir Mahmud Zaki MSc, diserahkan kepada Ketua YMI Ir Triyanto

Kampus ITS, ITS News – Tidak melulu soal akademik, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga menunjukkan perhatiannya pada bidang lain. Hal ini ditunjukkan melalui Peresmian Yayasan Manarul Ilmi (YMI) di Gedung Rektorat pada Minggu (19/5). Pada peresmian tersebut turut hadir segenap pimpinan ITS, seperti Rektor dan tim, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA), Dewan Pembina Manarul Ilmi, serta perwakilan dari berbagai departemen di ITS dan utusan Ikatan Alumni (IKA) ITS.

Ketua YMI, Ir Triyanto menyampaikan yayasan ini akan menangani Zakat, Infak, Sadakah, dan Waqaf  Produktif (ZISWAH). Pada Wakaf Produktif diharap dapat menghasilkan sesuatu sehingga dapat digunakan untuk kegiatan keagamaan dan kegiatan kemanusiaan. “Alumni yang memiliki bisnis di bidang syariah juga akan kami rangkul untuk bekerja sama,” tutur Tri.

Untuk Infaq dan Sadaqah, YMI akan mengajak orang tua dan wali mahasiswa untuk lebih gencar lagi melaksanakannya. Tri meyakini nantinya hasil ini dapat digunakan untuk membantu yang kurang mampu, menjadi beasiswa, dan lain semacamnya. “Kemudian untuk Zakat sudah jelas sebagai distribusi bagi delapan golongan penerima yang telah ditetapkan,” sambungnya.

Rektor ITS Prof Ir Mochamad Ashari MEng (kanan) bersama pimpinan ITS lain dalam peresmian Yayasan Manarul Ilmi ITS

Dalam sambutannya, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengemukakan bahwa ITS bersyukur atas adanya peresmian yayasan ini. Melalui Ashari, ITS menyampaikan akan bersama-sama bergerak dengan YMI untuk memajukan ITS, khususnya pada bidang-bidang yang menjadi perhatian YMI. Dosen Teknik Elektro ini mengumpamakan peresmian YMI sebagai Hari Kebangkitan ITS. “Dimana kita bersatu dengan hati ikhlas memperhatikan YMI, sebagai kendaraan menuju ITS lebih gemilang,” tutur Ashari disertai tepuk tangan hadirin.

Pemaparan YMI oleh Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA

Mendukung pernyataan Ashari, Ketua MWA ITS, Prof Dr Ir Muhammad Nuh DEA juga menyampaikan perlunya bersyukur dalam peresmian ini. Mantan Rektor ITS ini berharap agar YMI dapat menjadi jembatan komunitas alumni ITS dan ITS dalam menjalankan visi misinya. Nuh juga yakin potensi besar yang sebelumnya belum tercapai dapat berjalan dengan adanya YMI ini. “Sehingga kami pun mengajak segenap alumnus ITS, yang cinta pada kampusnya untuk siap berkontribusi menyongsong program YMI ke depannya,” pungkas mantan Menteri Pendidikan tersebut. (dik/mik)

Berita Terkait