ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
01 Mei 2019, 18:05

INPEX Tawarkan Beasiswa Magister bagi Mahasiswa ITS

Oleh : itsmis | | Source : www.its.ac.id

Communication and Relations INPEX Corporation, Dra Halida Nuriah Hatta MA, ketika menjelaskan beasiswa dari INPEX

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan kampus yang maju dalam hal kemaritiman. Hal itu menjadi landasan perusahaan yang bergerak dalam bidang eksplorasi minyak dan gas, INPEX Masela Ltd, untuk menyelenggarakan Expatriate Goes to Campus yang diisi dengan kegiatan Sharing Session on Oil and Gas Technical Aspect and Masela Block, Selasa (30/4).

Berlangsung di Aula BG Munaf Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS, Communication and Relations INPEX Corporation, Dra Halida Nuriah Hatta MA, menjelaskan bahwa sudah sejak tahun 1981 INPEX yang bermarkas di Tokyo, Jepang ini telah gencar menjalankan program beasiswa INPEX Scholarship Foundation. Beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang sudah lulus dari sarjana untuk melanjutkan magister ke perguruan tinggi di seluruh dunia.

Putri bungsu dari Bapak Proklamator dan Wakil Presiden RI pertama, Mohammad Hatta tersebut mengatakan, beasiswa ini tidak membatasi jurusan yang akan diambil saat magister nanti. Halida juga menyebutkan bahwa beasiswa ini akan selalu dibuka setiap tahunnya. “Harapannya, dari kegiatan ini terdapat mahasiswa ITS yang dapat mengikuti program dari INPEX tersebut,” ungkap Halida di depan para mahasiswa yang hadir.

Mengenai cara pendaftaran sendiri, Halida memaparkan bahwa biasanya pengumuman beasiswa ini akan keluar pada bulan Agustus 2019 mendatang. Selain itu, para mahasiswa juga diharapkan untuk selalu melakukan pengecekan di halaman resmi www.inpex-s.com untuk informasi lebih lanjut.

Organization and People Development INPEX Masela Ltd, Dhiana Syamsiah, ketika menjawab salah satu pertanyaan dari salah satu peserta kuliah tamu

Pada sharing session ini, juga disampaikan materi kuliah tamu oleh Takeshi Terashima dan Nanda Pangawitan selaku engineer dari INPEX Masela Ltd, serta Dhiana Syamsiah selaku Organization and People Development INPEX Masela Ltd. Pada kesempatan tersebut, Dhiana menjelaskan bahwa INPEX Masela Ltd juga membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin menjalani magang di hari libur kuliah selama satu sampai tiga bulan lamanya. “INPEX juga terbuka bagi mahasiswa yang ingin melakukan kerja praktik sebagai salah satu tugas kuliah,” ujarnya.

Tidak hanya sampai di situ, lanjut Dhiana, INPEX Masela Ltd juga membuka peluang bagi lulusan sarjana untuk mengikuti program Apprenticeship yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa yang baru lulus dari perkuliahan kepada dunia pekerjaan. “Namun, khusus program ini harus dijalani selama enam bulan,” tutur Dhiana.

Menurut Dhiana, INPEX Masela Ltd sendiri memang sudah memiliki komitmen untuk membantu dalam peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk juga untuk mahasiswa ITS. “Kompetensi tersebut tidak hanya dari sisi teknis, tetapi juga dalam pengembangan diri atau yang dikenal dengan softskill,” papar Dhiana pada akhir kegiatan itu. (sof/HUMAS ITS)

Para peserta kuliah tamu bersama pemateri dari INPEX

Berita Terkait