ITS News

Kamis, 18 April 2024
22 Maret 2019, 19:03

Kuatkan Teknologi Pemodelan Batu, Geofisika ITS Gelar Pelatihan

Oleh : itssof | | Source : https://www.its.ac.id/

Salah satu pemateri yang menyampaikan dalam hari pertama pelatihan kepada para peserta

Kampus ITS, ITS News – Salah satu faktor penyebab adanya pekerja asing di Indonesia adalah tentang kualitas tenaga dalam negeri yang dinilai kurang. Oleh karena hal itu, Departemen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengadakan pelatihan mengenai pemodelan terhadap batuan bawah tanah. Acara ini digelar di Ruang Sidang Rektorat selama tiga hari, sejak Jumat (8/3).

Roby Zidni, Ketua Pelaksana pada pelatihan ini menjelaskan bahwa pemodelan yang dipelajari adalah pemodelan yang menggunakan teknologi digital, berbasis aplikasi. Terdapat dua aplikasi yang dikenalkan oleh pemateri kepada para peserta.

Aplikasi pertama yang dipelajari adalah IP. Roby menyatakan bahwa aplikasi tersebut digunakan untuk perhitungan data geofisika yang telah didapatkan sebelumnya lewat beragam pengujian. ”Selanjutnya data itu akan diolah kembali dengan metode geostatistik,” ungkap Roby.

Sementara itu, aplikasi kedua adalah petrel. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk pemodelan batuan bawah tanah berdasarkan data geofisika yang telah didapatkan sebelumnya. Selain itu, aplikasi ini pun dapat digunakan untuk menyimulasikan model yang telah terbentuk. Dalam dunia kerja, aplikasi ini banyak digunakan untuk pemetaan pertambangan, perminyakan, dan sejenisya.

Antusisas seluruh peserta dalam menyimak materi yang disampaikan.

Pelatihan ini juga mendatangkan para praktisi ahli, yaitu Miftahul Firdaus ST MSi MT, Budi R Permana ST MM MSi MT, dan Yana Hendrayana SSi. Pada hari yang berbeda, masing-masing praktisi menjelaskan materi sekaligus mempraktikkan aplikasi.

Selanjutnya, Roby pun menyatakan bahwa sebenarnya aplikasi yang diajarkan merupakan aplikasi yang seringkali digunakan pada dunia kerja. Selain itu, ada beberapa mata kuliah di Teknik Geofisika ITS yang menggunakan aplikasi tersebut, khususnya mata kuliah semester akhir.

Oleh karena itu, mahasiswa Teknik Geofisika ITS itu berharap agar para peserta dapat benar-benar memanfaatkan fasilitas pelatihan ini. “Karena selain untuk menunjang perkuliahan di ITS sendiri, para peserta nantinya akan mendapat kemampuan lebih yang banyak dipertimbangkan dalam dunia kerja setelah lulus dari perkuliahan,” pungkasnya. (sof/mir)

Berita Terkait