ITS News

Selasa, 03 Agustus 2021
20 Maret 2019, 12:03

Dorong Inovasi Energi Mahasiswa melalui Expert Connect

Oleh : itsram | | Source : https://www.its.ac.id/

Pemberian plakat dari perwakilan PT Shell Indonesia pada ITS

Kampus ITS, ITS News – Kini perhatian dunia kepada isu-isu mengenai energi untuk keberlanjutan kehidupan manusia sedang gencar-gencarnya digalakkan . Untuk mendorong ide-ide baru mengenai energi dari kalangan mahasiswa, PT Shell Indonesia bekerja sama dengan Energy Academy Indonesia (Ecadin) menghelat Expert Connect Campus Roadshow Series 2019, Sabtu (16/3) di Gedung Pascasarjana Lantai 3 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Isu energi bukanlah isu yang bisa diselesaikan dari satu belah pihak saja. Perlu kerjasama antarpihak yaitu dari masyarakat, pendidikan, dan juga pelaku industri. Di sisi pendidikan selain dosen, mahasiswa diharapkan mampu menjadi agen perubahan dengan terobosan-terobosannya. Melalui Expert Connect Campus Roadshow, diharapkan bibit-bibit unggul dapat ditemukan dan didorong menjadi karya yang bisa bermanfaat di bidang energi.

Expert Connect Campus Roadshow Series 2019 ialah talkshow yang membicarakan isu energi yang diadakan di empat kampus Indonesia yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan yang terakhir adalah ITS. Talkshow ini merupakan pembukaan dari serangkaian acara Think Efficiency 2019 yang diadakan oleh PT Shell Indonesia bersama Ecadin.

Think Efficiency 2019 sendiri adalah kompetisi inovasi energi dan tribologi (ilmu yang mempelajari gesekan, aus dan pelumasan, red). Diselenggarakan Shell Indonesia dan Ecadin, acara ini bertujuan untuk mendorong hadirnya inovasi-inovasi di bidang energi dan tribologi dari seluruh negeri. Ide-ide inovasi ini diharapkan dapat memberikan dampak langsung terhadap efisiensi, ekonomi, sekaligus menginspirasi banyak anak muda Indonesia lainnya.

“Ini merupakan forum yang sangat pas untuk mempertemukan berbagai pihak yang terlibat dalam isu energi sehingga mampu tercipta sebuah sinergi. Terlebih pembicara merupakan ahli dibidangnya, dan memiliki pengalaman di luar negeri sehingga mampu memberikan perspektif yang berbeda,” ucap Dr Dhany Arifianto ST MENg, Kepala Subdirektorat Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan ITS yang menjadi moderator dalam talkshow ini.

 

Mahasiswa ITS Berbagi Pengalaman

Hal yang menarik yang berbeda dari Expert Connect di tiga kampus sebelumnya ialah adanya sharing session oleh Tim REPGY (Recycled Panel Eco Energy) dari ITS yang merupakan juara Think Efficiency 2018. Pada sharing session tersebut, tiga dari empat anggota REPGY yaitu Muhammad Afif Purwandi, Reza Aulia Akbar, dan Rafif Nova Riantama menceritakan awal mula mereka membentuk kelompok tersebut, perjalanan penelitian mereka, hingga dapat berakhir menjadi juara Think Effieciency 2018 mengalahkan peserta lain selevel konsultan.

Menurut Muhammad Afif Purwandi, kesalahan yang sering terjadi pada pembentukan tim penelitian umumya karena mereka hanya berorientasi untuk membuat teknologi saja. “Dalam membuat sebuah penelitian, tidak hanya teknologinya saja yang diperhatikan, namun bagaimana cara teknologi itu bisa diimplementasikan ke masyarakat dan dapat berguna. Oleh karena itu, sangat dianjurkan kolaborasi multidisiplin dalam pembentukan kelompok,” ucap mahasiswa berprestasi ITS 2019 tersebut. (ram/owi)

Berita Terkait