ITS News

Rabu, 21 April 2021
09 Maret 2019, 15:03

Apresiasi Seni UKTK ITS, Wadah Pelestarian Budaya Indonesia

Oleh : itsram | | Source : ITS Online

Penampilan divisi tari tradisional pada Apresiasi Seni UKTK ITS 2019

Kampus ITS, ITS News – Unit Kegiatan Tari dan Karawitan (UKTK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang kesenian yang terdiri dari tiga divisi yaitu divisi tari tradisional, tari modern, dan karawitan. Ketiga divisi tersebut mempersembahkan penampilan yang dikemas pada perhelatan tahunan Apresiasi Seni UKTK ITS bertempat di Plaza Dr Angka ITS, Jumat (8/3).

ITS sangat mewadahi minat dan bakat dari mahasiswanya. Hal ini dibuktikan dengan adanya lebih dari tiga puluh unit kegiatan mahasiswa yang aktif di ITS, salah satu di antaranya adalah UKTK.

Setiap tahunnya, UKTK rutin mengadakan Apresiasi Seni UKTK ITS yang menampilkan penampilan dari mahasiswa baru yang berada pada ketiga divisinya. Pada Apresiasi Seni UKTK ITS kali ini terdapat total sepuluh penampilan. Divisi tari tradisional menampilkan empat pertunjukan, sedangkan divisi tari modern dan karawitan menampilkan masing-masing tiga pertunjukan.

Divisi karawitan membawakan lagu-lagu tradisional pada Apresiasi Seni UKTK 2019

“Acara ini adalah bentuk apresiasi bagi mahasiswa baru yang menjadi anggota UKTK setelah menjalani latihan kurang lebih satu semester pada masing-masing divisi,” ucap Nur ‘Arfiati Shoffiana, Ketua Pelaksana Apresiasi Seni UKTK ITS 2019. Selain itu, perempuan yang akrab disapa Fina tersebut mengungkapkan, tujuan diadakannya acara ini tak lain adalah bentuk pelestarian akan budaya di tengah modernisasi yang terjadi di Indonesia.

Tema Apresiasi Seni UKTK ITS kali ini ialah Supernova yang secara harfiah berarti ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih besar dari ledakan nuklir. Mengambil definisi dari supernova tersebut, kemudian Fina menjadikan supernova sebagai tema Apresiasi Seni UKTK ITS tahun ini. Harapannya bahwa perhelatan kali ini merupakan gebrakan baru yang lebih baik dari Apresiasi Seni UKTK ITS sebelumnya.

Divisi tari modern unjuk kebolehannya pada Apresiasi Seni UKTK ITS 2019

Selain ditonton oleh sivitas akademika ITS, Apresiasi Seni UKTK ITS juga mengundang unit-unit yang serupa dengan UKTK ITS yang ada di Surabaya lainnya. Tahun ini, UKTK ITS mengundang UKTK Universitas Airlangga, UKTK Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, dan beberapa unit-unit yang berasal dari luar lainnya. “Dengan mengundang pihak luar, kami berharap relasi antara UKTK ITS dengan mereka menjadi lebih baik. Dan saya juga sangat antusias apabila ada kesempatan untuk membuat proyek bersama mereka,” pungkas mahasiswa Teknik Sipil ini. (ram/owi)

Berita Terkait