ITS News

Sabtu, 20 April 2024
17 Februari 2019, 22:02

Tren Positif, Publikasi Diupayakan Jadi Budaya ITS

Oleh : itsmis | | Source : -

Edy Suprayitno Memberikan Tali Asih untuk Prof Ir Mochamad Ashari M Eng Ph D dalam acara Springer Nature Training

Kampus ITS, ITS News – Keberhasilan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjadi salah satu kampus berbasis teknologi terkemuka di Indonesia tidak lepas dari peran sivitas akademikanya yang aktif melakukan riset dan publikasi. Naiknya tren perkembangan riset dan publikasi yang terjadi di ITS saat ini ditanggapi positif oleh Prof Ir Mochamad Ashari M Eng PhD dalam acara Springer Nature Training, Rabu(13/2).

Rektor ITS terpilih periode 2019-2024 ini menjelaskan bahwa perkembangan riset dan publikasi di ITS saat ini sangat luar biasa. Salah satu yang menjadi patokan adalah meningkatnya jumlah publikasi internasional yang terindeks scopus dari tahun ke tahun. Ada sekitar 800 judul pada tahun 2017 dan 1000 judul publikasi ilmiah pada tahun 2018. “Peningkatan tersebut menempatkan kita di posisi enam nasional dalam keaktifan publikasi internasional,” jelasnya.

Namun jika mempertimbangkan jumlah dosen aktif, ITS berada di peringkat dua nasional. Posisi ini dihitung dari jumlah publikasi yang dibagi dengan jumlah dosen aktif di universitas tersebut. Dibandingkan dengan beberapa universitas di Indonesia lain yang berada di urutan atas peringkat nasional publikasi internasional, ITS memiliki jumlah dosen aktif yang paling sedikit.

Ashari pun menegaskan bahwa kedepannya akan lebih gencar lagi meningkatkan produktivitas publikasi internasional sivitas akademika ITS. Tidak hanya riset yang berujung publikasi, nantinya akan lebih diarahkan lagi kepada seluruh mahasiswa untuk menerapkan dan memberi manfaat dari riset tersebut kepada masyarakat. “Jadi nantinya tidak hanya mengembangkan dalam hal kuantitas, tapi juga kualitas,” tambah mantan sekretaris senat ITS tahun 2011 ini.

Dengan statusnya sebagai perguruan tinggi berbadan hukum, penelitian menjadi pilar penting yang harus dikembangkan. ITS tentu diharapkan menjadi universitas yang unggul dalam penelitian, terutama yang menghasilkan kebermanfaatan bagi masyarakat. “ITS selama ini terkenal akan teknologi, maritim, dan otomotifnya. Kedepannya diupayakan penelitian dan publikasi juga menjadi ciri khas ITS,” tutupnya. (sep/mik)

Prof Ir Mochamad Ashari M Eng Ph D Berfoto dengan Staf Perpustakaan ITS

Berita Terkait