ITS News

Rabu, 24 April 2024
17 Februari 2019, 22:02

Proses Permohonan Surat Semakin Mudah Berkat MB-APP

Oleh : itsrur | | Source : ITS Online

Nurul Makiyah AMd saat mempresentasikan pengoperasian MB-APP

Kampus ITS, ITS News – Demi meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa, Departemen Manajemen Bisnis (DMB) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kini menerapkan sistem bernama MB-APP. Sistem ini berfungsi untuk mempermudah proses pengajuan surat oleh mahasiswa ke departemen. Demi menyosialisasikan penerapan aplikasi ini kepada seluruh departemen di ITS, dihelat pelatihan dan sosialisasi bertajuk Smart Class With Cubeacon pada Rabu (13/2) bertempat di Ruang Sidang Utama Departemen Manajemen Bisnis.

Penanggung jawab kegiatan ini, Nurul Makiyah AMd, menyampaikan bahwa dengan diterapkannya aplikasi ini, mahasiswa yang memerlukan surat pengantar dari departemen tidak perlu datang dan mengantri di Ruang Tata Usaha (TU). “Sistem ini sungguh sangat mempermudah pelayanan kepada mahasiswa, karena mereka dapat mengajukan permohonan surat dimanapun dan kapanpun,” ujar Nurul sumringah.

Adapun jenis surat permohonan yang dapat ditangani oleh aplikasi ini juga cukup beragam, diantaranya Surat Keterangan Lulus (SKL), Surat Keterangan Mahasiswa Aktif, Surat Peninjauan Mata Kuliah, Surat Permohonan Izin Kerja Praktek (KP), dan Surat Permohonan Izin Skripsi. Kemudian, untuk mekanisme pengajuan dari masing-masing surat juga berbeda, pada tampilan MB-APP sudah disediakan menu-menu pilihan yang dapat diatur sesuai keperluan.

Setelah menentukan jenis surat yang diinginkan, mahasiswa akan langsung diberikan formulir untuk diisi secara online. Selanjutnya mahasiswa yang bersangkutan tinggal menyimpan permohonannya untuk kemudian ditinjau oleh admin persuratan di bagian TU. “Setelah permohonan selesai dibuat, mahasiswa hanya tinggal menunggu proses validasi dari departemen,” terang perempuan berkacamata ini.

Disamping memberikan kemudahan kepada mahasiswa, aplikasi ini juga memudahkan admin bagian persuratan dalam hal efektivitas waktu. Hal ini karena MB-APP telah terintegrasi dengan berbagai pihak yang bersangkutan, sehingga admin hanya perlu menunggu persetujuan pihak terkait untuk melampirkan tanda tangannya dalam surat yang diajukan. “Dalam hal ini, admin persuratan hanya bertugas untuk memberikan nomor surat sebelum surat dikirimkan kembali kepada mahasiswa yang bersangkutan,” papar Nurul.

Dalam penerapannya, untuk menggunakan aplikasi ini baik admin maupun mahasiswa hanya memerlukan username dan password yang sebelumnya telah didaftarkan oleh admin dalam server MBB-APP, sehingga mahasiswa tidak perlu mendaftarkan akun mereka sendiri. (rur/qi)

Suasana Pelatihan dan Penyuluhan MBB-APP Berlangsung Hikmat

Berita Terkait