ITS News

Kamis, 25 April 2024
17 Februari 2019, 22:02

Lewat NOPEC, Teknik kimia ITS Saring Generasi Penerus

Oleh : itsmis | | Source : -

Ketiga tim yang telah bersaing dengan 25 semifinalis lainnya menerima hadiah

Kampus ITS, ITS News – Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himatekk) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali memberi wadah perkenalan Teknik Kimia bagi siswa SMA. Acara tahunan yang diberi nama National Olympiad of Chemical Engineering (NOPEC) itu resmi ditutup pada Minggu (10/2) Gala Dinner di rumah dinas Walikota Surabaya.

Kepala Departemen Teknik Kimia ITS, Juwari ST MEng PhD mengungkapkan kompetisi ini cukup bergengsi lantaran peserta akan dibekali dengan ilmu teknik kimia yang memadai. Setelah melalui pertanyaan via online dengan standar ilmu teknik kimia yang baik, 2.258 peserta dari Indonesia akan diseleksi menjadi 25 finalis terpilih. Finalis akan lanjut ke tahap selanjutnya yakni berbagai kegiatan tur laboratorium, kunjungan ke perusahaan, praktikum, presentasi dan games. “Jadi artinya peserta benar-benar yang berkualitas dan punya kompetensi yang baik,“ ujarnya.

Kompetisi yang merupakan bagian dari rangkaian acara Chernival ini juga bertujuan untuk mendapatkan generasi penerus yang berkualitas. Hal ini lantaran industri kima merupakan industri strategis yang membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Juwari menuturkan bahwa banyak alumninya yang menjadi pemimpin di BUMN maupun sektor swasta. “Lantaran kebutuhan sumber daya lulusan ini yang sangat dibutuhkan, kami mencari bibit-bibit unggul sedini mungkin,” imbuhnya.

Selain memberi bekal ilmu teknik kimia, NOPEC juga memberi persiapan masuk kuliah pada siswa SMA melalui serangkaian try out SBMPTN. Rahmad Dani, Steering Commite Chernival mengungkapkan, pelaksanaan TO SBMPTN pada NOPEC baru dilaksanakan pada kali ini. “Setelah NOPEC ini kami masih ada pemberian bonus TO SBMPTN sebanyak tiga kali yang akan disertai hadiah tambahan lagi,” ujarnya Dani.

Melalui kompetisi ini, peserta yang berhasil menjadi juara pertama yakni sebanyak dua orang, akan mendapatkan akses langsung untuk dapat kuliah di Departemen Teknik Kimia ITS. Prosedurnya cukup mudah, peserta hanya tinggal memasukkan sertifikat juara lomba ini pada pendaftaran SNMPTN mereka. “Jadi jika sudah melakukan prosedur tersebut, peserta dapat langsung diterima di Teknik Kimia ITS,” pungkasnya. (dik/mik)

Dari kiri, Kadep Teknik Kimia Juwari ST MEng, Wakil Rektor I Prof DR Ir Heru Setyawan MEng, dan perwakilan Walikota Iswati SSi tengah asyik berbincang sembari menyantap hidangan di Rumah Dinas Walikota

Berita Terkait