ITS News

Sabtu, 20 April 2024
08 Februari 2019, 19:02

LBMM ITS Siap Laksanakan Engine Tune Up 2019

Oleh : itsmis | | Source : -

Simulasi yang dilakukan oleh Mekanik yang akan bertugas pada ETU 2019

Kampus ITS, ITS News – Menjelang dihelatnya Engine Tune Up (ETU) 2019 pada Sabtu (9/2), Lembaga Bengkel Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (LBMM-ITS) telah melakukan berbagai persiapan. Kegiatan berupa servis kendaraan bermotor gratis yang rencananya akan dilaksanakan di Lapangan Ole-Ole Ngagel ini terbuka untuk seluruh masyarakat Surabaya.

ETU sendiri merupakan kegiatan rutin LBMM-ITS yang dihelat setiap dua tahun sekali. Mekanik dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa Teknik Mesin ITS angkatan 2015, 2016, dan 2017 yang tergabung dalam LBMM ITS. “Diharapkan dengan adanya ETU 2019 ini, masyarakat dapat menikmati hasil servis kendaraannya yang lebih sehat, lebih aman, dan tentunya lebih hemat karena kami tidak memungut biaya sepeserpun,” ujar Hilman Qasthari, koordinator acara ETU 2019.

Selain ditujukan untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan Teknik Mesin ITS dan LBMM ITS kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya. “Sebagai salah satu organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang otomotif, LBMM ITS ingin mengabdikan ilmu yang selama ini ditimba anggotanya ke masyarakat luas,” ujar mahasiswa angkatan 2017 ini.

Dijelaskan oleh Hilman, masyarakat yang ingin mengikuti ETU 2019 hanya perlu datang ke Lapangan Ole-Ole Ngagel dengan membawa kendaraannya dan mendaftarkan diri ditempat. Kendaraan yang dapat diservis adalah sepeda motor bermerek Honda keluaran tahun 2013 keatas bermesin standar dengan kapasitas maksimal 150 cc dan mobil bermerek Toyota keluaran tahun 2003 keatas dengan mesin standar.

Adapun beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti event ini diantaranya adalah KTP/SIM dan STNK. Setelah melakukan pendaftaran, kendaraan terdaftar akan diservis tanpa pungutan biaya. Selain servis ringan gratis, ETU juga melayani ganti oli dan busi gratis untuk sepeda motor, serta uji emisi gratis untuk mobil.

Selain servis kendaraan bermotor gratis, ETU tahun ini juga diramaikan dengan berbagai side event seperti Safety Riding, Test Drive, Fun Games, serta berbagai stan makanan dan perusahaan sponsor. “Side event ini ditujukan sebagai selingan bagi para peserta sembari menunggu kendaraannya selesai diperbaiki,” terang anggota LBMM ITS ini.

Salah satu side event, kegiatan Safety Riding, berisi penyuluhan mengenai tata cara berkendara yang baik, benar, dan aman. Safety Riding ini akan dibawakan secara langsung oleh instruktur dari Polres Kota Surabaya dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Selain penyampaian verbal, penyuluhan ini juga diperkuat dengan melakukan praktik langsung.

Adapun side event test drive ditujukan untuk para peserta yang ingin menjajal mobil-mobil terbaru keluaran Toyota. “Terdapat pula fun games yang berhadiah, serta stan makanan dan perusahaan sponsor yang dapat dikunjungi setiap peserta,” pungkas Hilman. (yus/qi)

Pelatihan yang dilaksanakan oleh LBMM ITS dalam mempersiapkan para mekanik jelang penyelenggaraan ETU 2019

Berita Terkait