ITS News

Kamis, 28 Maret 2024
30 Januari 2019, 09:01

Menuju Visitasi AUN-QA, Ini Perkembangan Departemen Matematika ITS

Oleh : itsmis | | Source : -

Kampus Departemen Matematika, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD) ITS

Kampus ITS, ITS News – Departemen Matematika didirikan pada 1965 berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 72 Tahun 1965. Selama 54 tahun melahirkan lulusan-lulusan terbaik, departemen di bawah naungan Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD) ini terus berbenah diri. Salah satunya dengan mempersiapkan diri untuk mendapatkan sertifikasi ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA).

Kepala Departemen Matematika, Dr Imam Mukhlash Ssi MT mengatakan, sertifikasi AUN-QA ini sangat penting menyoal pengakuan terkait kualitas pengajaran di Departemen Matematika. Dengan begitu, lanjut Mukhlash, sapaannya, departemen matematika akan lebih dijamin lulusannya. ”Bertahap mulai di Asia Tenggara dulu lewat AUN-QA ini,” ujarnya.

Jika kita sudah disertifikasi, maka Mukhlas berkeyakinan proses internasionalisasi ITS, khususnya Departemen Matematika akan jauh lebih mudah. “Otomatis semua elemen di dalamnya juga akan terpacu untuk meningkatkan kualitas, termasuk dosen, tendik, dan mahasiswa,” paparnya kepada ITS Online.

Berbicara mengenai akreditasi, dari 363 perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Matematika, hanya 23 yang mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Dan departemen Matematika ITS sudah mendapatkan A dan terus mampu meningkatkan kualitasnya yang dibuktikan dengan skor dari BAN PT yang terus naik,” jelasnya.

Adapun persiapan guna menyambut visitasi oleh asesor AUN-QA, Mukhlash menjelaskan bahwa Departemen Matematika telah berusaha sebaik mungkin. Mulai dari proses belajar mengajar yang diperbaiki, pembaruan learning outcome, memperbanyak software berlisensi resmi hingga penambahan fasilitas laboratorium.

Partner Luar Negeri
Departemen Matematika menjalin kerjasama dengan berbagai universitas lain. Dimulai sejak 1987, Departemen Matematika ITS telah menjalin suatu kerjasama, misalnya dengan Fakultas Matematika Teknik dan Informatika, Delft University of Technology (DUT) Belanda.

Begitu juga dengan universitas lain seperti Shibaura Institute of Technology (SIT) Jepang, National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Universiti Malaya dan Universiti Malaysia Pahang dalam hal kerjasama riset, pengadaan konferensi dan pertukaran pelajar. “Kita kedatangan mahasiswa asing dari beberapa negara seperti Brunei Darussalam, Filipina, dan lain-lain,” katanya.

Saat ini Departemen Matematika memiliki total 48 dosen, yang 17 di antaranya telah bergelar doktor dan 7 lainnya sedang menempuh pendidikan S3. “Dan kita memiliki 526 mahasiswa yang tersebar baik di jenjang sarjana dan pascasarjana,” ucap Mukhlas. Jumlah ini cukup ideal jika dilihat rasio pengajar dan mahasiswanya.

Prestasi Mahasiswa
Departemen Matematika rutin menyumbang prestasi di berbagai bidang, khususnya di kompetisi tahunan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA) oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Adalah Sie Evan Setiawan, mahasiswa Departemen Matematika yang mengharumkan nama ITS dengan berhasil meraih medali emas di ON MIPA 2018. Selain medali emas, Departemen Matematika ITS juga mewakilkan seorang mahasiswa lagi yang mendapat Honorable Mention atas nama Venansius Ryan Tjahjono.

Prestasi lainnya yakni diraihnya gelar juara di berbagai kompetisi seperti di Fun Math Competition 2018, Infacter Competition 2018, Bandung Datathon 2018, dan karya ilmiah di Pekan Kreativitas Mahasiswa setiap tahunnya.

Dikatakan Mukhlas, lulusan Departemen Matematika terjun ke beberapa jenis lapangan pekerjaan. Namun kebanyakan lulusan bergulat di dunia perbankan, keuangan, teknologi informasi, data analisis, logistik. “Tidak sedikit juga yang memilih studi lanjut hingga ke doktoral,”
jelas Mukhlas. (owi)

Kepala Departemen Matematika, Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD) ITS Dr Imam Mukhlash Ssi MT

Berita Terkait