ITS News

Senin, 15 Agustus 2022
28 Desember 2018, 19:12

Gandeng BNI, ITS Wujudkan Sistem Perbankan Syariah

Oleh : itsmis | | Source : -

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo dan Prof Ir Joni Hermana M ScES PhD menunjukkan Nota Kesepahaman yang telah ditanda tangani

Kampus ITS, ITS News – Menanggapi banyaknya keinginan sivitas akademika terkait adanya sistem perbankan syariah di lingkungan kampus, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bekerja sama dengan BNI Syariah berhasil mewujudkan keinginan itu. Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilaksanakan di Gedung Rektorat ITS, Kamis (27/12).

Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD menjelaskan bahwa kerjasama ini sudah dibicarakan sejak lama antara pihak ITS dengan BNI Syariah. Kerjasama ITS dengan BNI yang sudah terjalin baik menjadi alasan untuk memilih BNI Syariah sebagai penyelenggara perbankan syariah di kampus. “Setelah berkonsultasi dengan BNI pusat, akhirnya diputuskan BNI Syariah bisa menjadi salah satu sistem perbankan di ITS,” ucap Joni saat memberikan sambutan.

Rektor ITS yang akan menyelesaikan masa jabatannya pada tahun 2019 ini juga menjelaskan bahwa kerjasama ini digagas karena banyaknya keinginan sivitas akademika ITS. Sistem perbankan syariah banyak diminati di kampus di samping bank konvensional yang selama ini sudah berjalan. Namun dengan adanya sistem perbankan baru ini, ITS tetap membebaskan sivitas akademika dan stakeholder untuk memilih tetap bertransaksi lewat bank konvensional atau bank syariah di lingkungan kampus.

Joni berharap agar kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan sebagai proses bersama membangun pribadi unggul untuk bangsa. Menurutnya, penerapan syariah islam dalam bertransaksi juga sebagai bentuk mengaplikasikan pengetahuan agama dalam kehidupan sehari-hari. “Hal ini sebagai bentuk penerapan agama tidak hanya sebagai pengetahuan tapi juga sikap hidup,” jelas dosen Departemen Teknik Lingkungan ITS ini.

Direktur Utama BNI Syariah yang juga hadir menandatangani nota kesepahaman dengan ITS, Abdullah Firman Wibowo, mengapresiasi adanya kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini menjadi peluang sekaligus berkah untuk bisa lebih berkontribusi banyak terutama untuk pertumbuhan ekonomi berbasis syariah. Ia juga menjelaskan bahwa BNI dengan BNI Syariah dapat berjalan searah dalam pelayanan nasabah karena sudah ada program berbasis online yang dibuat. “Jadi nasabah bisa membuka rekening BNI Syariah meskipun sudah ada rekening sebelumnya di BNI,” imbuhnya.

Ada beberapa potensi kerja sama yang juga dijelaskan dalam acara penandatanganan kerjasama ini. Salah satunya adalah sponsorship dalam beberapa kegiatan kemahasiswaan maupun penelitian. BNI Syariah juga memberikan beasiswa uang tunai sebesar Rp 100 juta untuk mahasiswa penghafal Al-Quran yang mengajukan hafalannya ke BNI Syariah. “Kami juga mencoba untuk mengadakan program perencanaan umrah agar bisa berangkat ke tanah suci secara bersama-sama bagi sivitas akademika yang berminat nantinya,” tutupnya. (sep/owi)

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo dan Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana M ScES PhD saat duduk bersama dalam kerja sama sistem perbankan syariah di lingkungan kampus ITS

Berita Terkait