ITS News

Selasa, 16 Agustus 2022
14 Desember 2018, 15:12

Flag Football ITS Pertahankan Juara Nasional Empat Tahun Berturut-turut

Oleh : itsmis | | Source : -

Pemain Seaborg ITS menerima umpan ketika bermain melawan tim dari Universitas Padjajaran di pertandingan final College Bowl IFFA VI yang berlangsung di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tidak hanya prestatif dalam bidang keilmuan sains dan teknologi saja. Hal ini dibuktikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Flag Football ITS yang berhasil mempertahankan gelar juara untuk keempat kalinya pada kompetisi College Bowl VI IFFA akhir November lalu. Diselenggarakan di Stadion Pancasila, Universitas Gadjah Mada (UGM), ITS sukses melibas 15 tim lain yang berpartisipasi.

Perlu diketahui, Tim Seaborg ITS dari UKM Flag Football ITS telah berpartisipasi pada College Bowl IFFA sejak 2013. Sebagai kompetisi Flag Football yang diinisiasi oleh Indonesian Flag Football Association (IFFA), kompetisi ini menjadi ajang unjuk gigi kemampuan flag football antar perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Tim Seaborg ITS, bersama perguruan tinggi lain harus bersaing memperebutkan gelar juara dari mulai tahap penyisihan hingga ke final. Pada pertandingan final, Tim Seaborg ITS memastikan dirinya layak menjadi juara bertahan empat tahun berturut-turut setelah mengalahkan tim dari Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan skor akhir 27-13.

Torehan prestasi tim yang dibina oleh Dosen Departemen Teknik Kelautan, Haryo Dwito Armono ST MEng PhD ini bukanlah tanpa perjuangan. Para pemain Seaborg ITS harus mempersiapkan diri tiga bulan sebelum kompetisi dimulai dengan latihan rutin 3-4 kali setiap minggunya. Tim Seaborg ITS juga melakukan pertandingan persahabatan melawan tim lain di Jawa Timur agar persiapan mereka semakin matang.

Tim Seaborg ITS menyatukan semangat sebelum laga final College Bowl IFFA VI di Yogyakarta

Diungkapkan salah satu Pemain Seaborg ITS, Mohammad Kapita Umbasan, pada setiap pertandingannya, Seaborg ITS selalu menganggap bahwa mereka sedang bertanding di babak final. “Karena kami memiliki prinsip, usaha yang keras tidak akan mengkhianati hasil,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri ini dengan bangganya.

Beban berat yang Tim Seaborg ITS pikul karena menyandang gelar juara bertahan tiga kali berturut-turut semakin menambah semangat tim agar mampu berjuang sekuat tenaga demi nama almamater. Tak ayal, tim ini mampu mengulangi momen raihan emas dari tiga kompetisi sebelumnya di Yogyakarta, Surabaya, dan Depok.

Tak hanya penghargaan tim, beberapa pemain Seaborg ITS juga berhasil memborong penghargaan individu. Prestasi tersebut diraih tiga mahasiswa Departemen Teknik Sipil yaitu M. P. Gagas Samodra yang mendapat predikat Most Valuable Player, Alfathan Bisma A sebagai Best Offensive Back, dan Fauzan Umar Faruq sebagai Best Defensive Backs. Selain itu, Reno Ramadhan R, mahasiswa Departemen Teknik Geomatika juga berhasil mendapat Best Offensive Lineman. (dik/owi)

Seluruh jajaran Tim Seaborg UKM Flag Football ITS berfoto bersama setelah menjuarai College Bowl IFFA VI, pasca mengalahkan tim Unpad dengan skor 27-13 di Yogyakarta

Berita Terkait