ITS News

Selasa, 16 April 2024
30 November 2018, 00:11

Menyelisik Wajah Baru Perpustakaan ITS

Oleh : itsmis | | Source : -

Wajah baru perpustakaan ITS setelah di renovasi

Kampus ITS, ITS News – Terhitung sejak akhir Oktober lalu Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merampungkan renovasi desain muka gedungnya. Kini beberapa ornamen tambahan terlihat turut menghiasi kemegahan bangunan berlantai enam tersebut.

Kepala Perpustakaan ITS, Edy Suprayitno SS MHum menyebutkan renovasi ini merupakan salah satu langkah re-branding Perpustakaan ITS. Selain itu renovasi desain gedung juga bertujuan untuk menciptakan ikon yang menarik sehingga jumlah kunjungan ke perpustakaan akan meningkat, baik kunjungan dengan tujuan akademik maupun wisata. “Agar Perpustakaan ITS dapat menjadi rujukan perpustakaan perguruan tinggi lain,” lanjutnya.

Desain muka Perpustakaan ITS sendiri mengalami beberapa perubahan. Kehadiran pilar-pilar coklat yang tersusun vertikal menjadi perbedaan yang paling mencolok. Di malam hari, cahaya lembut dari lampu-lampu di belakang pilar menambah keindahan perpustakaan. Selain pilar, di sisi tengah atas gedung bertengger lambang ITS. Tulisan ‘Perpustakaan’ di bagian depan bawah gedung juga tampak mengukuhkan fungsi bangunan tersebut.

Selain itu demi terlihat lebih segar, perpustakaan juga dicat ulang dengan tetap didominasi warna abu-abu muda dan abu-abu tua. Warna-warna tersebut diatur sedemikian rupa sehingga menciptakan kesan modern pada bagunan yang telah berdiri sejak tahun 1995 ini.

Desain yang dibuat oleh alumni arsitektur ITS ini bagi Edy memiliki sejumlah filosofi tersendiri. Menurutnya, warna abu-abu tua sebagai warna kebanggan ITS bermakna kuatnya komitmen ITS dalam membangun bangsa. Sedangkan abu-abu muda, sambungnya, melambangkan ilmu pengetahuan. “Jadi perpaduan kedua warna tersebut merujuk pada komitmen ITS dalam mengembangkan ilmu pengetahuan guna membangun bangsa,” tuturnya.

Masih terkait warna, Edy mengartikan pilar-pilar coklat yang saling berhubungan melambangkan kerjasama ITS secara eksternal dan internal. “Kolaborasi perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas setiap elemen di ITS, juga dalam mempersiapkan ITS menuju universitas kelas dunia,” tambahnya.

Terakhir, Edy berharap perubahan wajah perpustakaan ITS ini dapat menambah nuansa baru bagi pengunjung perpustakaan ITS. Dengan begitu, perpustakaan dapat meningkatkan fungsinya sebagai pusat pembelajaran serta laboratorium pengetahuan bagi masyarakat, terutama warga ITS. (fat/mik)

Tampak muka perpustakaan ITS sebelum mengalami renovasi.

Berita Terkait