ITS News

Jumat, 19 Agustus 2022
16 November 2018, 19:11

KM ITS Gelar Aksi Peringati Hari Pahlawan

Oleh : itsmis | | Source : -

Haekal Akbar selaku Presiden BEM ITS dalam Memberikan Orasinya

Kampus ITS, ITS News – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar Aksi Sepuluh Nopember (ASN) dalam rangka mengenang jasa pahlawan Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Aksi yang dilaksanakan tepat pada Hari Pahlawan tersebut berpusat di area Tugu Pahlawan yang berseberangan dengan Kantor Gubernur Provinsi Jawa Timur, Sabtu (10/11).

Bukan seperti aksi-aksi pada umumnya, ASN merupakan aksi damai yang dilakukan oleh 4000 mahasiswa ITS yang bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan-pahlawan yang telah gugur dalam pengabdiannya untuk Bangsa Indonesia. Dalam aksinya, Keluarga Mahasiswa (KM) ITS menyerukan orasi-orasinya sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Haekal Akbar, salah satu orator ASN menyerukan perjuangan-perjuangan dari para pahlawan tidak boleh sia-sia. “Ketika pahlawan telah berjuang mati-matian untuk bangsa, maka para mahasiswa juga harus bisa memberikan karyanya untuk bangsa Indonesia ini,” ujar presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS dalam orasinya.

Tak hanya orasi, KM ITS juga mengadakan aksi teatrikal bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tiyang Alit serta pembuatan mural tentang hari pahlawan. KM ITS juga turut menyanyikan lagu perjuangan bersama. Menurut Haekal ASN ini juga bermakna untuk menggambarkan semangat pahlawan-pahlawan dalam perjuangan mereka sampai mempertaruhkan nyawanya. “Khususnya pahlawan yang berjuang pada pertempuran 10 Nopember 1945 untuk mempertahankan Kota Surabaya dari serangan pihak sekutu,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Haekal ini.

Setelah itu, sebagai rasa terima kasih kepada para pahlawan-pahlawan yang telah gugur, para peserta ASN mengheningkan cipta bersama sambil menundukan kepala mereka dan membawa satu tangkai bunga mawar merah.

Selain bertujuan untuk memperingati Hari Pahlawan, ASN ini juga diharapkan untuk bisa menanamkan nilai perjuangan pahlawan-pahlawan Indonesia kepada seluruh mahasiswa ITS yang sedang berada dalam era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nilai-nilai perjuangan tersebut meliputi rasa keikhlasan dalam berkorban untuk bangsa dengan diiringi rasa persatuan dan persatuan serta semangat gotong royong. (sof/gol)

Berita Terkait