ITS News

Minggu, 12 Juli 2020
16 November 2018, 10:11

HIPPAKIM, Wadah Berkumpul Alumni Kimia ITS

Oleh : itsmis | | Source : -

(paling kiri) Esma Wiyono, Ketua HIPPAKIM beserta beberapa alumni Departemen Kimia ITS

Kampus ITS, ITS News – Setelah 35 tahun berdiri, Departemen Kimia Fakultas Ilmu Alam (FIA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akhirnya meresmikan organisasi ikatan alumninya. Adalah Himpunan Profesional dan Pengusaha Alumni Kimia (HIPPAKIM) ITS yang bertujuan menjadi wadah berkumpul seluruh alumni Departemen Kimia ITS.

Dikatakan Ketua HIPPAKIM, Esma Wiyono, HIPPAKIM dibuat agar menjadi suatu wadah yang memungkinkan setiap alumni ITS terkoneksi. “Kalau sudah terkoneksi, dapat dilakukan kerjasama,” ucapnya. Tak hanya ada peresmian HIPPAKIM, pada Minggu (11/11) lalu juga digelar musyawarah kerja (musker), talkshow alumni, dan pameran produk inovasi.

Salah satu pembicara dalam talkshow alumni, Triot Kartiko menceritakan pengalamannya dalam bekerja. Mulai dari menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi negeri, hingga sekarang ia sukses menjadi pengusaha di bidang konstruksi dan bangunan. “Hidup itu sebuah pilihan, kalau sudah memilih, kita harus bersungguh-sungguh dalam pilihan kita,” ujarnya.

Esma Wiyono dan Ahmad Syaiful Ghozi dalam Talkshow Kewirausahaan HIPPAKIM ITS

Senada dengan Triot, Ahmad Syaiful Ghozi, alumnus kimia ITS yang berdomisili di Jombang, Jawa Timur ini juga turut memberikan motivasi. Menurutnya, dimana pun kita berada, asalkan kita bisa mengoptimalkan diri, pasti kita bisa. “Tak peduli kita berasal dari tempat yang berbeda sekalipun,” ujar dewan direksi dari PT. BPRS Lantabur Tebuireng Jombang tersebut.

Acara peresmian HIPPAKIM ini juga dimeriahkan dengan pameran produk yang digelar tepat di depan Gedung Rektorat ITS. Produk yang dipamerkan merupakan produk unggulan dari alumni dan hasil karya mahasiswa Departemen Kimia ITS. Salah satunya adalah stan milik Ir Juwono Saroso, alumnus Kimia ITS, pemilik Tristar Culinary Institute.

Selain itu, terdapat 20 stan lain dengan produk inovatif unggul di antaranya keramik cair dan meja U-mer, suplemen herbal Menitemu, Decoupage, Kosmetik dan obat berbasis nano-gold, serta katalis penghemat bahan bakar kendaraan, dan beberapa produk lainnya. (yus/owi)

Salah satu stan pada pameran produk HIPPAKIM

Berita Terkait