ITS News

Jumat, 19 April 2024
16 November 2018, 19:11

Hari Terakhir, Pendaftar Bacarek ITS Tetap Semangat Adu Visi-Misi

Oleh : itsmis | | Source : -

(dari kiri) Prof Dr Ir Sulistijono DEA, Prof Dr Heru Setyawan MEng, Moderator Prof Dr Ir I Gusti Putu Raka, Dr Ing Ir Bambang Soemardiono, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dan Dr Adjie Pamungkas ST Mdev PIg PhD pada pemaparan pendaftar bacarek ITS

Kampus ITS, ITS News – Pendaftar Bakal Calon Rektor (Bacarek) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali memasuki kursi panas untuk beradu visi dan misi satu sama lain. Kamis (15/10) menjadi hari terakhir bagi lima pendaftar bacarek ITS guna memeriahkan pesta demokrasi Pemilihan Rektor ITS periode 2019-2024. Dimoderatori oleh Prof Dr Ir I Gusti Putu Raka, kelima pendaftar bacarek ITS tersebut adalah Adjie Pamungkas ST Mdev PIg PhD, Prof Ir Mochamad Ashari MEng PhD, Dr Ing Ir Bambang Soemardiono, Prof Dr Heru Setyawan MEng dan Prof Dr Ir Sulistijono DEA.

Mengawali pendaftar bacarek yang lain, Adjie Pamungkas diberi kesempatan pertama untuk menyampaikan gagasan yang Ia miliki. Pendaftar bacarek dengan nomor urut 11 ini tidak ragu untuk membawa tagar 2019 Rektor Muda. Kebetulan, kepala departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS ini baru berusia 40 tahun lebih beberapa hari.

Ada tiga program unggulan yang ia paparkan yaitu, peningkatan bisnis edukatif, pemacuan bisnis jasa profesi, serta pembangunan bisnis komersialisasi lahan dan lokasi. Adjie pun mencoba meyakinkan hadirin bahwa Ia mampu membawa ITS menuju kemakmuran dan memberikan kemakmuran bagi khalayak di luar ITS.

Pemaparan pendaftar bacarek kedua, Mochamad Ashari, telah mengabdi bagi ITS selama kurang lebih 28 tahun sebagai civitas akademika di Departemen Teknik Elektro. Ia mengajak hadirin untuk mengintip prestasi perguruan tinggi dibawah nahkodanya yang sudah berhasil menuju arah yang lebih meyakinkan dibanding sebelumnya.

Berpengalaman sebagai rektor, alumnus Teknik Elektro ITS ini mengaku, sudah mengenal masalah utama sebagai seorang rektor dalam mewujudkan visi misi kampus. Program ID 4.0 unggulannya, Internal Enhancement, Innovation Development, International Reputation, dan Digital Transformation adalah pokok permasalahan yang diyakini Ashari harus segera diatasi.

Selanjutnya, Bambang Soemardiono, pendaftar bacarek yang terkenal di kalangan sivitas akademika ITS sebagai pria yang memiliki kepekaan lebih terhadap jiwa seni. Bambang yang mengaku kesulitan menahan perasaan ingin bernyanyi ketika bertemu dengan perangkat pengeras suara yang baik ini, tak jarang ikut bernyanyi pada acara-acara yang dilaksanakan di lingkup ITS.

Dosen Arsitektur ITS dengan nomor urut lima ini mengusung TOSS yakni program yang berfokus pada peningkatan Transformasi, Otonomi, dan Sinergi ia harap mampu memberikan dukungan pada generasi milenial. “Termasuk bekerja, bermain, dan bersenang-senang melalui sains (ilmu pengetahuan, red) dan juga kesenian,” ujarnya.

Pendaftar bacarek ITS selanjutnya adalah Heru Setyawan. Ia merupakan seorang profesor ITS yang memiliki dua buah hak paten, beberapa penghargaan bertaraf nasional dan internasional, dan jumlah jurnal yang banyak. Heru, sapaannya, juga merupakan orang yang telah ikut di berbagai organisasi keprofesian dan juga keilmiahan di dunia internasional.

Dosen Teknik Kimia ITS ini membawa konsep empat gaya kepemimpinan dan lima strategi. Di antaranya ialah Kolegial, Partisipatif, Transparan, Akuntabel. Semua itu ia usung bersamaan dengan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat) yang telah ia pelajari sebelumnya.

Pendaftar bacarek yang mendapatkan kesempatan paling akhir untuk memaparkan gagasannya adalah Sulistijono. Profesor yang telah hilir mudik mengisi posisi di berbagai departemen yang ada pada Fakultas Teknologi Industri ini juga menjabat rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) periode 2014-2018.

Dengan pengalamannya mengembangkan kampus ITK, ia yakin akan bisa membawa ITS maju lebih pesat. “Jargon Sulistijono fo(u)r ITS semoga mampu memberikan Sinergi untuk ITS sehingga ITS menjadi Unggul, Mandiri dan Bermanfaat,” harap pendaftar bacarek ITS nomor urut empat ini. (dik/owi)

Kelima Pendaftar Bacarek ITS tertawa lepas pada sesi tanya jawab pemaparan Pendaftar Bacarek Pemilihan Rektor ITS periode 2019-2024

Berita Terkait