ITS News

Jumat, 19 April 2024
15 Oktober 2018, 19:10

Tips Pembuatan Proposal PKM Didanai

Oleh : itsmis | | Source : -

Prima Tama Setyasa Peraih Medali Perunggu Pimnas 31

Meningkatkan minat mahasiswa ITS dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS mengadakan Writing Camp pada mahasiswa agar mampu membuat proposal PKM yang baik. Pada acara ini, trainer Prima Tama Setyasa, peraih medali perunggu Pimnas 31 memberikan beberapa tips dalam pembuatan proposal PKM dan kerja sama tim yang baik.

Berdasarkan pengalamannya menjadi peserta Pimnas 31 dan Pimnas 29, Prima menceritakan hal yang sangat perlu diperhatikan ialah manajemen tim PKM yang baik. Menurutnya, manajemen ini tidak terbatas pada pembagian waktu dan tugas tetapi juga kolaborasi . “Semisal dalam satu tim terdiri dari beberapa jurusan, berarti proposal PKM nya harus disesuaikan dengan formasi jurusan tim,” jelasnya mulai bercerita.

Sebagai kompetisi yang bekerja dalam tim, menurut pria asal Sidoarjo ini, tiap anggota tim harus memiliki komitmen untuk mengikut setiap proses dalam pembuatan PKM. “Karena hanya orang yang mengikuti setiap prosesnya itu adalah orang yang mau jatuh bangun dan mau memperbaiki dirinya sehingga ia tidak akan berhenti ditengah jalan,” ujar peraih juara tiga dalam Penulisan Esai Pada Pekan Nasional Perubahan Iklim (PNPI) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia itu.

Berbicara mengenai ide pembuatan PKM, peraih medali perak pada Pimnas 31 ini mengatakan bahwasanya mahasiswa sangat perlu mempunyai kepekaan pada masyarakat sekitar. Kepekaan ini bisa didapatkan dengan update informasi baik dari majalah, koran dan televisi. Seiring dengan kegiatan membaca tersebut akan muncul ide yang berkaitan dengan keilmuan masing-masing. “Tapi ketika kita sering membaca tentang keilmuan namun tidak sensitif terhadap masyarakat, maka ide ini akan sulit terbentuk. Oleh karenanya harus seimbang,” ujar peraih medali perak kategori poster pada Pimnas 29 tersebut.

Bagi Prima, mengikuti PKM tidak sekadar berkompetisi saja. Tetapi Ia menuturkan dengan mengikuti PKM, pengetahuan akademiknya juga meningkat. PKM dapat mengasah kemampuan berbicara didepan banyak orang, mental dan penyampaian ide secara kreatif. “Pola pikir kreatif semakin diasah saat mengikuti PKM,” tutup mahasiswa yang juga jawara di berbagai lomba karya tulis nasional tersebut. (ion17/jel)

Prima Bersama Tim Di Pimnas 31

Berita Terkait