ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
15 Oktober 2018, 13:10

Inilah 15 Nama Bakal Calon Rektor ITS Periode 2019-2024

Oleh : itsrur | | Source : ITS Online

Dr Dra Agnes Tuti Rumiati MSc, Sekretaris Institut ITS, ketika sesi wawancara dengan media terkait Pemilihan Rektor ITS periode 2019-2024

Kampus ITS, ITS News – Sudah hampir sepekan sejak ditutupnya pendaftaran bakal calon rektor (balonrek) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Rabu (10/10) lalu. Tercatat sebanyak 15 nama telah mendaftar. Kelima belas nama tersebut merupakan bagian dari 81 nama yang memenuhi kriteria untuk menjadi Balonrek yang sebelumnya telah diumumkan.

Dr Dra Agnes Tuti Rumiati MSc, Sekretaris Institut ITS atau yang akrab disapa Agnes ini menyampaikan, delapan di antara 15 balonrek yang terdaftar merupakan guru besar dan tujuh lainnya adalah doktor. “Pilrek kali ini cukup seru, karena didominasi oleh calon-calon yang masih muda,” imbuh dosen Departemen Statistika ITS ini.

Kelima belas nama tersebut berasal dari tujuh fakultas yang ada di ITS, yakni Fakultas Ilmu Alam (FIA), Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD), Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian (FTSLK), Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan (FADP), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknologi Elektro (FTE) dan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK).

FIA diwakili oleh dua balonrek. Kedua nama tersebut yaitu Prof Dr Agus Rubiyanto Meng Sc dari Departemen Fisika dan Hamzah Fansuri SSi MSi PhD dari Departemen Kimia. FMKSD juga diwakili oleh dua balonrek, yakni Prof Dr Basuki Widodo MSc dari Departemen Matematika dan Prof Drs Nur Iriawan MIKom PhD dari Departemen Statistika.

Kemudian, FTSLK diwakili oleh calon tunggal, yaitu Ir Mas Agus Mardyanto ME PhD dari Departemen Teknik Lingkungan. Sedangkan balonrek yang berasal dari FADP berjumlah dua orang, yaitu Dr Ing Ir Bambang Soemardiono dari Departemen Arsitektur dan Adjie Pamungkas ST MDevPlg PhD dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota.

Selanjutnya, empat balonrek yang berasal dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) di antaranya adalah Bambang Pramujati ST MScEng PhD dari Departemen Teknik Mesin, Prof Dr Ir Sulistijono DEA dari Departemen Teknik Material dan Prof Dr Ir Heru Setyawan MEng dari Departemen Teknik Kimia, serta Prof Dr Ir Aulia Siti Aisjah MT dari Departemen Teknik Fisika yang juga merupakan satu-satunya balonrek perempuan dalam Pilrek kali ini.

Dan yang terakhir adalah FTE dan FTK, yang masing-masing diwakili oleh dua Balonrek. Untuk FTE diwakili oleh Prof Ir Mochamad Ashari Meng PhD dan Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT yang sama-sama dari Departemen Teknik Elektro. Sedangkan FTK diwakili oleh DrEng Muhammad Badrus Zaman ST MT dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan dan Suntoyo ST Meng PhD dari Departemen Teknik Kelautan.

Selanjutnya, ke-15 nama Balonrek tersebut akan disosialisasikan kepada seluruh warga ITS mulai Minggu (21/10) sampai Selasa (30/10) mendatang. “Kami harap seluruh sivitas akademika ITS dapat mengenal ke-15 Balonrek yang akan bersaing memperebutkan posisi sebagai Rektor ITS ini, sehingga akan terpilih sosok yang mampu merangkul seluruh elemen di ITS agar cita-cita ITS untuk menjadi World Class University (WCU) dapat tercapai,” pungkas Agnes. (rur/owi)

Berita Terkait