ITS News

Rabu, 24 April 2024
23 September 2018, 20:09

Menumbuhkan Semangat dan Kebanggaan Belajar Sains

Oleh : itsmis | | Source : -

Suasana laboratorium di Fakultas Ilmu Alam ITS. Laboratorium menjadi taman bermain bagi mahasiswa yang belajar tentang sains.

Kampus ITS, ITS News – Fakultas Ilmu Alam (FIA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berupaya menumbuhkan semangat dan cinta akan ilmu sains, khususnya kepada mahasiswa baru. Oleh karenanya, Dekan Fakultas Ilmu Alam (FIA) Prof Dr rer nat Agus Rubiyanto MEng Sc pun didapuk mengisi acara Science Night, Jumat (21/9) guna membagikan pengalaman semasa kuliahnya.

Bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains (BEM FS), pria yang biasa disapa Agus ini meresahkan tentang sikap orang Indonesia. Sebab menurutnya, orang Indonesia bila mempelajari ilmu sains seperti terasa kurang kebanggaannya. “Berbeda cerita dengan Jerman, Inggris, maupun Amerika,” ucap Agus membandingkan.

Saat Agus menempuh pendidikan S3 di Universitaet Paderborn Jerman, ia melihat bahwa orang-orang asing mempelajari ilmu sains dengan sungguh-sungguh. Sehingga berbagai kegiatan maupun acara terkait ilmu sains yang diselenggarakan di sana pun selalu ramai. “Ada rasa memiliki juga di antara mahasiswa,” ujar professor yang menekuni bidang Fisika Medis ini.

Berkaca dari Jerman, Sambung Agus, ia ingin menanamkan nilai istiqomah, disiplin, dan jujur kepada mahasiswa FIA. “Kalau dikombinasikan kan menjadi cerdas, amanah, dan kreatif (Slogan ITS, red),” ungkap mantan Ketua Himpunan Mahasiwa Fisika ITS ini.

Di akhir sesi, Agus pun mengutarakan harapannya agar mahasiswa FIA menjadi satu keluarga, memiliki arti dan memberikan kontribusi di kampus perjuangan ini. Sehingga tidak ada lagi anggapan bahwa ilmu sains itu kurang populer. “Karena sains merupakan suatu pondasi yang kuat di ITS,” tegasnya yang disambut tepuk tangan mahasiswa. (ion24/owi)

Foto Dekan Fakultas Ilmu Alam (FIA) ITS Prof Dr rer nat Agus Rubiyanto MEng Sc

Berita Terkait