ITS News

Kamis, 25 April 2024
12 Agustus 2018, 04:08

Jadi Penemang Utama Berkat Angkat Kekayaan Indonesia

Oleh : itsmis | | Source : -

Karya Rendhy yang berjudul The Beautiful Purpose

Kampus ITS, ITS News – Kembali mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember menorehkan prestasi. Kali ini seorang mahasiswa Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV), Rendhy Wahyu Permana menjadi pemenang utama dalam Lomba Desain Kartu Debit yang diselenggarakan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) dan Hello Motion. Pada lomba bertema Tujuan Gue Beda, Rhendy memilih untuk mengangkat kekayaan Indonesia dalam desainnya.

Pada desain kartu debit yang dibuat, Rendhy memutuskan memberikan judul The Beautiful Purpose yang memiliki dua inti pesan. Pesan tersebut antara lain kekayaan Indonesia yang terdiri dari budaya seni tari, flora dan fauna serta pesan menginspirasi.

Dalam desainnya, untuk menonjolkan kekayaan Indonesia, pria asal Gresik ini memberi ilustrasi tari legong Bali yang luwes dan lentur, kemudian kekayaan flora digambarkan dengan bunga rafflesia dan kantung semar yang menyimbolkan keindahan dan eksotis. Terakhir kekayaan fauna digambarkan lewat burung merak menyimbolkan keanggunan.

“Ketiga elemen ini saya rasa saling melengkapi dan harmonis. Saya padukan dengan warna yang eye catching namun tetap memiliki tone warna yang terlihat hangat,” beber Rendhy menjelaskan konsep desainnya. Penggunaan teknik vektor dalam proses digitalisasi membuat desainnya terlihat modern dan sesuai dengan target pasar, yaitu anak muda.

Di samping itu, kata menginspirasi juga sengaja dipilih sebagai kata kunci dalam menciptakan karyanya. Ia memilih kata tersebut lantaran menurutnya menginspirasi orang lain juga tak kalah penting di kalangan anak muda.

Karena ini kali pertama Rendhy mengikuti lomba desain selama kuliah, Ia mengaku sempat menemui beberapa kesulitan, khususnya dikarenakan temanya yang cukup abstrak. Namun berkat kegigihan mencari refrensi sebanyak-banyaknya dan berulang kali membuat sketsa yang ideal, Rendhy berhasil mengantongi gelar pemenang utama dan hadiah sebesar dua puluh juta rupiah.

Selain senang karena hadiah lomba, Rendhy mengatakan dengan mengikuti lomba ini, banyak pengalaman yang ia dapatkan terutama dalam hal teknik sketsa yang baru. “Pengalaman, riset dan belajar teknik sketsa baru ini sangat menunjang kemampuan saya dalam desain dan juga perkuliahan” jelasnya. (wim/jel)

Rendhy Wahyu Permana, mahasiswa DKV ITS yang menjadi pemenang utama lomba desain kartu debit BNI

Berita Terkait